Yuk, Stop Gunakan Benda Ini untuk Kurangi Sampah Plastik

Yuk, Stop Gunakan Benda Ini untuk Kurangi Sampah Plastik

Yuk, Stop Gunakan Benda Ini untuk Kurangi Sampah Plastik

Yuk, Stop Gunakan 6 Benda Ini untuk Kurangi Sampah Plastik

Plastik memiliki akibat buruk yang luas. Selain mengotori lingkungan, plastik juga dapat membahayakan makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Plastik bisa masuk dalam rantai makanan yang pada kesudahannya masuk dalam organ pencernaan kita. Tanpa disadari, plastik yang menjadi unsur dari kehidupan telah mengotori kesehatan kita.

Kampanye meminimalisir pemakaian plastik tidak jarang kali digaungkan. Kamu barangkali sudah mulai sadar dan meminimalisir pemakaian plastik di kehidupan kamu. Tentunya, anda tak dapat berhenti pada kantung plastik, botol minum, dan sedotan saja. Kira-kira benda apa lagi yang dapat kamu stop pakai demi meminimalisir sampah plastik?

Ternyata ada tidak sedikit sekali benda-benda sehari yang luput dari perhatian untuk anda stop gunakan. Apa saja? Simak daftarnya inilah ini!

1. Glitter

Benda yang biasa ditemukan di riasan wajah, makanan, sampai pelengkap perayaan ini gampang sekali luput dari perhatian. Jumlahnya yang tidak sedikit dan berukuran kecil ternyata dominan buruk untuk lautan.

Glitter tercipta dari mikroplastik yang perlu ribuan tahun guna terurai. Setelah terpakai, glitter pada kesudahannya tercuci dan terbawa sampai ke lautan. Selain mengotori lautan, glitter juga dapat masuk dalam rantai makanan sebab termakan plankton yang lantas dimakan ikan. Tanpa anda sadari, bisa jadi besar anda memakan ikan yang sudah terkontaminasi mikroplastik dari glitter yang anda gunakan.

Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan glitter aman yang tercipta dari ekstrak tanaman.

2. Balon

Yuk, Stop Gunakan 6 Benda Ini untuk Kurangi Sampah PlastikPernahkah anda memikirkan apa yang terjadi pada balon yang anda pasang sebagai dekorasi acara? Pernahkah anda memikirkan ke mana perginya balon yang anda lepaskan ke udara?

Balon berujung menjadi sampah yang berbahaya untuk lingkungan. Hewan-hewan yang keliru memandangnya makanan juga dapat tersedak dan mati karenanya. Balon perlu antara enam bulan sampai empat tahun lamanya guna terurai. Balon yang terapung di lautan perlu lebih lama guna terurai menurut keterangan dari sebuah penelitian.

Daripada memakai balon, kamu dapat menggunakan dekorasi lain yang aman guna lingkungan laksana pompom atau mengembus gelembung. Jangan pernah lepaskan balon ke udara. Ledakkan balon yang telah dipakai lalu buang pada lokasi sampah.

3. Peralatan santap plastik

Perhatikan lemari perlengkapan makanmu. Adakah peralatan santap yang tercipta dari plastik? Peralatan santap plastik perlu ribuan tahun guna terurai. Mereka pun tidak didesain untuk pemakaian berkelanjutan. Pencucian dengan sabun atau air panas pun bisa mempercepat perkembangan bakteri yang dapat dominan buruk untuk kesehatan.

Diperingati Setiap 23 Juli, Yuk Intip Fakta Unik Hari Anak Nasional
Mulailah berhenti memakai dan melakukan pembelian peralatan santap dari plastik. Bila melakukan pembelian makanan, katakan guna tidak menambahkan sendok garpu plastik. Selalu sediakan sendok garpu yang dapat digunakan pulang ke mana pun anda pergi.

4. Korek api plastik

Yuk, Stop Gunakan 6 Benda Ini untuk Kurangi Sampah Plastik

Kamu tentunya tidak jarang menjumpai bahkan memakai korek api plastik, entah apakah anda perokok atau tidak. Tahukah anda korek api plastik yang kamu pakai bisa selesai di dalam perut fauna liar?

Sekitar 98 persen burung albatros di pulau Midway atol (pulau koral) dekat kepulauan Hawaii memakan sampah plastik. Bahkan, mereka pun memberi santap anak-anaknya dengan sampah plastik. Sekitar 40 persen anak burung albatros mesti mati tiap tahunnya sebab teracuni dan tersedak sampah plastik. Korek api plastik tergolong dalam sampah yang ikut tertelan.

Sebagai ganti korek api plastik, kamu dapat mulai memakai korek api kayu yang lebih aman guna lingkungan.

Jangan menantikan orang beda memulai kelaziman baik, mulai dari dirimu sendiri. Bila masing-masing orang berhenti memakai plastik, alangkah banyaknya jumlah sampah plastik bakal berkurang. Yuk, stop dari sekarang. Sayangi bumi dan generasi sesudah kita!