Waspada, 5 Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Berlebihan

Waspada, 5 Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Berlebihan

Waspada, 5 Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Berlebihan

Waspada, 5 Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Berlebihan

Jika kamu seorang pecinta bawang putih yang suka melahap segala sesuatu yang berbau bawang putih, maka inilah saatnya bagi kamu untuk mengetahui efek sampingnya!

Bawang putih adalah salah satu bahan yang paling umum dan dikonsumsi banyak orang. Bawang putih tidak hanya digunakan untuk memasak, tetapi sering juga dianggap sebagai obat. Bawang putih membantu mencegah banyak penyakit karena sifat obatnya.

Namun, seperti semua hal di dunia ini memiliki pro dan kontra sendiri, begitu juga dengan bawang putih. Di artikel ini, saya akan berbagi beberapa efek samping dari kelebihan bawang putih yang harus kamu sadari.

1. Bau mulut

Kurangnya kebersihan pribadi mungkin bukan satu-satunya penyebab bau busuk pada mulut, tapi mungkin juga akibat dari mengkonsumsi bawang putih. Hal ini karena, ada berbagai bahan kimia dalam bawang putih yang berkontribusi dan menyebabkan bau pada mulut.

Tempat Aman Bermain Togel Hongkong Hanya di Tamantoto

2. Ruam kulit

Mengonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit dan ruam. Hal ini karena bawang putih mengandung enzim yang disebut alliinase, yang biasanya merupakan penyebab ruam dan gatal-gatal pada kulit, terutama yang memiliki kulit sensitif. Dan jika kamu mencoba mengatasi masalah pada kulit dengan cara mengoleskan bawang putih pada kulit kamu, hal itu bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

3. Sakit kepala

Bawang putih jika dikonsumsi dalam bentuk mentah dapat memicu sakit kepala juga. Itu mungkin tidak menyebabkan sakit kepala di tempat secara langsung, tetapi dapat memicu prosesnya. Hal ini karena, mengonsumsi bawang putih mentah dapat merangsang saraf trigeminal untuk melepaskan neuropeptida yang masuk ke selaput otak dan memicu sakit kepala.

4. Dapat memperburuk infeksi vagina

Sangat penting bagi wanita untuk menjaga kesehatan vagina mereka dengan baik. Salah satu hal penting yang perlu diingat saat menderita infeksi vagina adalah menghindari makan bawang putih karena dapat memperburuk infeksi jamur pada vagina dengan mengiritasi jaringan lunak vagina.

5. Dapat menyebabkan muntah dan mulas

Menurut berbagai penelitian, mengonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan muntah dan bahkan mulas, terutama jika mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Hal ini karena bawang putih memiliki senyawa tertentu yang dapat menyebabkan penyakit refluks gastroesofageal. Jadi untuk menghindari ini, kamu harus selalu bisa membatasi asupan bawang putih.

Janganlah konsumsi bawang putih secara berlebihan dan bijaklah dalam mengonsumsi bawang putih jika kamu tidak ingin mengalami gejala di atas.