Wajah Iritasi Bikin Kamu Insecure? Ini Cara Manjur Mengatasinya!

Wajah Iritasi Bikin Kamu Insecure? Ini Cara Manjur Mengatasinya!

Wajah Iritasi Bikin Kamu Insecure? Ini Cara Manjur Mengatasinya!

Wajah Iritasi Bikin Kamu Insecure? Ini Cara Manjur Mengatasinya!

Klik di sini – Menjadi orang berkulit sensitif menjadi tantangan tersendiri dibandingkan orang-orang yang memiliki kulit berminyak ataupun kering. Pasalnya, jika kamu memiliki kulit wajah sensitif, walaupun hanya melakukan sedikit kesalahan dalam merawat wajah itu bisa berakibat fatal.

Ya, kamu tidak akan jauh-jauh dari yang namanya kemerahan atau mengalami iritasi. Praktis, jika tidak ingin terkena iritasi, kamu harus merawat wajahmu dengan berhati-hati dan menjaga gaya hidup kamu. Namun, kalau sudah terlanjur terkena iritasi, apa yang harus kamu lakukan? Simak terus sampai habis untuk mengetahui jawaban lengkapnya.

1. Perkuat kulit dengan kelembapan

Good Housekeeping melaporkan kalau kamu memiliki beberapa spot iritasi di wajah, maka kamu harus memperkuat kulit yang sedang iritasi tersebut dengan kelembapan. Tentu saja hal ini harus diiringi dengan meminimalkan pengelupasan kulit. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak melakukan eksfoliasi dulu jika wajah kamu sedang iritasi.

2. Hindari sinar matahari

Kemudian, hal yang harus kamu lakukan adalah menghindari sinar matahari. Usut punya usut, jika kamu terus-terusan beraktivitas berat di bawah paparan sinar matahari, maka iritasi kamu bisa semakin memerah dan parah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menghindari sinar matahari sementara waktu atau menggunakan topi ketika beraktivitas.

3. Jangan makan pedas

Selain itu, makanan juga berpengaruh loh terhadap seberapa membaiknya iritasi kamu. Masalahnya, kamu harus menghindari makanan yang cukup lezat jika ingin sembuh dari iritasi, yaitu makanan pedas. Tidak hanya itu, kamu juga wajib menghindari yang namanya alkohol, bahkan kopi sekalipun.

4. Gunakan produk yang menenangkan kulit

Ketika iritasi terlanjur melanda wajah kamu, langkah yang paling manjur untuk kamu lakukan adalah menenangkan kulit kamu dulu. Bukan tanpa sebab, iritasi bisa menyebabkan wajah kamu jadi gatal dan perih. Untuk itu, dibutuhkan produk yang bisa menenangkan spot iritasi kamu.

5. Jangan pakai sabun cuci muka yang membuat kulit kering

Supaya kulit kamu tidak semakin iritasi, maka kamu perlu menjaga kulit tetap lembap jangan sampai kering. Permasalahannya, jika sabun cuci muka yang biasa kamu gunakan bersifat mengeringkan kulit, maka kamu harus menghindarinya. Padahal, sabun cuci muka memiliki efek yang krusial terhadap kebersihan wajah setelah beraktivitas.

Kendati begitu, solusi terbaik adalah mengganti sabun muka kamu ke sabun muka yang lebih aman. Caranya bisa dengan melihat terlebih dahulu kandungan dari produk yang ada. Kalau ada kandungan seperti alkohol, parfum, peppermint, sulfat, fragrance, formaldehyde, phthalates, itu pertanda sabun cuci muka tersebut berpotensi memperparah iritasi kamu.