Tunjukan ketegasan saat hadapi pasangan yang kasar

Tunjukan ketegasan saat hadapi pasangan yang kasar

Tunjukan ketegasan saat hadapi pasangan yang kasar

Tunjukan ketegasan saat hadapi pasangan yang kasar

AGEN CASINO – Tunjukan ketegasan saat hadapi pasangan yang kasar
Andai bisa memilih, tentunya semua orang ingin punya pasangan yang baik dan penyayang. Namun, bagaimana jika ternyata pasangan Anda mendadak berubah menjadi sosok yang kasar?

Baru-baru ini, viral seorang laki-laki yang tengah pergi bersama pasangannya mengamuk sampai banting motor karena tak terima ditilang polisi.

Mengenai video tersebut, warganet berkomentar bahwa perilaku sang lelaki sangat tidak pantas sebagai seorang pasangan.

Menurut penjelasan psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, apa yang dilakukan lelaki tersebut adalah bentuk kekerasan dalam pacaran (KDP).

KDP tak hanya memaki, memaksa pasangan untuk melakukan aktivitas seksual, dan membatasi aktivitas pasangan, tetapi juga termasuk melampiaskan emosi terhadap lingkungan sekitar, seperti membanting barang di depan pacar atau merusak barang.

Lantas, apa yang bisa dilakukan saat memiliki pasangan yang kasar?

Pertama, Anda harus mengakui bahwa kekasaran itu memang terjadi. Jika Anda dapat mengidentifikasi aspek kekerasan emosional dalam hubungan, penting untuk mengakuinya dahulu. Sadari dengan jujur apa yang Anda alami supaya Anda dapat mulai mengendalikan hidup Anda lagi.

Namun, sebelumnya, Anda perlu belajar mengenali tanda-tanda pasangan melakukan kekerasan. Sebab, banyak juga yang tidak menyadari adanya kekerasan sehingga semuanya tidak bisa dihentikan.

Jangan menangkal intuisi yang mengatakan ada sesuatu yang salah dalam sikap pasangan.

Kemudian, jadikanlah kesehatan mental dan fisik diri sendiri sebagai prioritas. Berhentilah khawatir tentang menyenangkan orang yang melakukan kekerasan pada Anda. Lakukanlah sesuatu yang membantu Anda berpikir positif, dapatkan waktu istirahat yang cukup, dan perawatan diri sendiri lainnya.

Anda perlu menetapkan batasan kepada pasangan. Beri tahu dengan tegas agar pasangan tidak melakukan kekerasan, seperti tidak lagi berteriak, menghina, bersikap kasar, atau merusak barang.

Anda pun perlu menjelaskan apa yang terjadi bila pasangan melakukan kekerasan, misalnya, jika dia menghina, akhiri percakapan dan pergi keluar ruangan. Kuncinya adalah menindaklanjuti batasan yang sudah Anda tetapkan..

Jika pernah berada dalam hubungan yang kasar, jangan menyalahkan diri sendiri. Anda mungkin percaya ada yang salah dengan diri sendiri, padahal masalahnya ada di pasangan.

Anda pun perlu menyadari bahwa pasangan yang kasar biasanya sulit berubah. Terlepas dari upaya terbaik yang Anda lakukan, Anda tidak akan pernah bisa mengubah orang yang kasar secara emosional untuk melakukan sesuatu yang berbeda atau menjadi berbeda.

Orang yang kasar membuat pilihan untuk berperilaku kasar. Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak dapat mengendalikan tindakan mereka dan Anda pun tidak dapat disalahkan atas pilihan mereka. Satu-satunya hal yang dapat Anda perbaiki atau kendalikan adalah respons Anda.

Bila pasangan sudah mulai berlaku kasar, seperti menghina, cemburu atau menuntut sesuatu, tidak perlu mencoba untuk membuat penjelasan, menenangkan perasaan pasangan, atau meminta maaf atas hal-hal yang tidak Anda lakukan. Cukup berjalan menjauh dari situasi tersebut agar tidak terlibat lebih lanjut.

Menghentikan kekerasan membutuhkan keberanian. Anda bisa mencoba mengendalikan situasi dengan bertindak percaya diri dan menatap mata pasangan.

Berbicaralah dengan suara tenang, jelas dan nyatakan harapan yang masuk akal seperti, “Berhenti menggodaku. Aku ingin kau memperlakukanku dengan bermartabat dan hormat.”

Dalam kasus kekerasan emosional yang parah, mungkin tidak ada pilihan selain meninggalkan hubungan. Jika pasangan tidak mau mengubah atau mendapatkan bantuan untuk perilaku kasar mereka, inilah saatnya bagi Anda untuk mendapatkan bantuan Anda sendiri.