Trik Memaksimalkan Aroma Serai dalam Masakan, Biar Makin Sedap!

Trik Memaksimalkan Aroma Serai dalam Masakan, Biar Makin Sedap!

Trik Memaksimalkan Aroma Serai dalam Masakan, Biar Makin Sedap!

Trik Memaksimalkan Aroma Serai dalam Masakan, Biar Makin Sedap!

Bumbu dapur dengan nama ilmiah cymbopogon citratus ini dikenal dengan aromanya yang khas. Wangi tersebut agaknya juga mampu membuat masakan lebih menggugah selera. Nah, inilah beberapa trik supaya aroma khas pada serai dapat lebih dimaksimalkan untuk masakan!

1. Geprek atau memarkan serai sebelum dimasak

Alih-alih langsung menggunakan serai dalam bentuk yang utuh, sebaiknya gepreklah atau memarkan serai tersebut sebelum dicampur ke dalam bumbu masakan. Tujuannya, supaya aroma serai dapat lebih ‘keluar’ saat dimasak nanti.

2. Gunakan batang serai yang sudah cukup tua

Batang serai yang lebih tua itu memiliki ciri berupa batang yang tebal, terlihat masih segar, dan bentuk yang lurus. Usut punya usut, serai dengan batang yang sudah cukup tua tersebut memiliki aroma yang lebih kuat.

Tempat Aman Bermain Togel Hongkong Hanya di Tamantoto

3. Iris tipis dengan pola serong pada bagian serai yang berwarna putih

Terutama untuk kaldu, iris tipis dengan pola serong pada bagian serai yang berwarna putih, dan usahakan untuk membuat irisan serong dengan permukaan yang lebar, sehingga kaldu dapat lebih terserap ke dalam serai tersebut.

4. Buang satu atau dua lapisan terluar pada serai, lalu potong akarnya

Sangat disarankan untuk membuang satu atau dua lapisan terluar pada serai, lalu potong akarnya. Hal ini bertujuan untuk lebih mengeluarkan aroma khas dari serai tersebut saat digunakan untuk masakan kelak.

5. Jika belum akan digunakan, maka cuci serai, keringkan, simpan dalam wadah kedap udara, dan simpan dalam freezer

Jika serai masih belum akan digunakan, maka cuci serai yang masih segar dan keringkan. Kemudian bungkus dengan rapat dalam plastik atau wadah kedap udara, lalu simpan di dalam freezer. Rendam sebentar dalam air jika akan digunakan kelak.

Coba kamu praktikkan di dapurmu, deh!