Tips Membuat Lasagna Rumahan yang Gak Kalah Enak dari Restoran Mahal

Tips Membuat Lasagna Rumahan yang Gak Kalah Enak dari Restoran Mahal

Tips Membuat Lasagna Rumahan yang Gak Kalah Enak dari Restoran Mahal

Tips Membuat Lasagna Rumahan yang Gak Kalah Enak dari Restoran Mahal

Italia punya banyak hidangan lezat yang umumnya terdiri dari berbagai jenis pasta. Sajian pizza dengan saus marinara yang klasik, pasta aglio e olio yang praktis, hingga lasagna yang erat dengan kesan mewah. Berbicara tentang lasagna pasti semua orang tergiur dengan pasta berlapis yang satu ini.

Kerap dijual di restoran mahal berbintang, kamu ternyata bisa membuat lasagna lezat sendiri lho di rumah. Berikut lima tips yang akan membantu kalian dalam membuat lasagna lezat seperti di restoran mahal.

1. Gunakan bahan-bahan yang tepat

Untuk membuat lasagna yang lezat pastikan untuk memperhatikan bahan-bahan yang tepat. Di mulai dari pemilihan lasagna sheet yang bisa dibuat sendiri atau menggunakan pasta instan hingga mencampurkan dua jenis daging yang terdiri dari daging giling dan daging sosis.

2. Meracik saus bechamel dan saus bolognese

Saus bechamel merupakan rahasia penting dari sebuah lasagna. Saus bechamel sendiri bisa dibuat dengan cara memanaskan mentega, tepung terigu dan susu hingga menjadi saus kental. Setelah itu gunakan saus tomat untuk memasaknya bersama campuran daging hingga menjadi saus bolognese.

3. Susun pasta dan saus secara seimbang

Setelah bahan-bahannya telah disiapkan, susun pasta dan saus secara seimbang. Isi loyang dengan pasta hingga seluruh permukaannya terisi. Agar tidak menempel di loyang, gunakan alumunium foil untuk melapisi loyang atau kamu juga dapat menggunakannya langsung dengan memberi saus bechamel di dasar loyang. Setelah itu letakkan pasta, saus bechamel dan saus bolognese secara bergantian hingga loyang terisi penuh.

4. Beri tambahan keju ekstra

Disela-sela lapisan pasta, saus becahmel dan saus bolognese, beri parutan keju parmesan, cheddar dan mozarella agar hasil lasagnanya lebih nikmat. Jangan lupa juga untuk menutupi bagian paling atas lasagna dengan saus bechamel dan parutan keju yang melimpah.

5. Perhatikan proses memanggang

Waktu ideal saat memanggang lasagna ialah 15-10 menit, tepatnya ketika warna keju berubah menjadi kecokelatan. Setelah diangkat dari oven diamkan selama 10 menit agar setiap lapisan lasagna menyatu dengan sempurna.

Jadi mulai sekarang kamu gak perlu keluar biaya mahal buat makan lasagna enak di restoran. Dengan mengetahui tips-tips membuatnya di atas tadi, lasagna rumahan pun gak kalah enak dari restoran mahal.