Tipe Teman yang Merusak Mental, Mending Blacklist dari Hidupmu

Tipe Teman yang Merusak Mental, Mending Blacklist dari Hidupmu

Tipe Teman yang Merusak Mental, Mending Blacklist dari Hidupmu

Tipe Teman yang Merusak Mental, Mending Blacklist dari Hidupmu

Klik di sini – Nasehat tentang perlunya kehati-hatian dalam berteman pasti sudah pernah kamu dengar, karena memang sangat penting bagi kita untuk menjauhi tipe teman yang berpengaruh buruk untuk kita.

Dan terkait hal itu, ada beberapa tipe teman yang sebenarnya harus kamu blacklist dari hidupmu karena justru bisa merusak mentalmu secara perlahan. Namun tipe yang seperti apa sajakah itu? Simak pembahasannya di bawah ini untuk lebih jelasnya, ya.

1. Memanfaatkan ketulusanmu

Tipe teman pertama yang sangat harus blacklist dari hidupmu ialah mereka yang memanfaatkan ketulusanmu. Dia yang tahu bahwa dirimu baik dan begitu tulus peduli padanya namun memanfaatkan itu untuk keuntungannya pribadi. Memanipulasi pikiran dan perasaanmu untuk selalu kasihan padanya.

2. Bergantung padamu

Tidak cuma pasangan, teman juga ada yang masuk tipe parasit lho. Orang seperti ini sama sekali tidak baik untuk kamu pertahankan di dekatmu, karena selain dia selalu bergantung padamu, dia juga berpotensi merusak kenyamanan hidupmu. Hidup yang kamu jalani bisa jadi berantakan gara-gara ditempeli terus olehnya. Selain itu stabilitas mentalmu juga bisa dirusak oleh orang macam ini.

3. Suka ikut campur

Tipe teman lainnya yang patut kamu jauhi adalah dia yang suka ikut campur. Selalu ingin masuk ke dalam setiap aspek hidupmu, lalu juga ikut campur dalam masalah-masalah atau bahkan keputusanmu. Bersikap tegaslah dan menjauh darinya karena kamu pasti tidak nyaman dengan orang semacam itu, kan. Dampak buruk lainnya adalah kamu bisa jadi stress karena masalahmu jadi rumit dan semakin berantakan karena ada dia yang ikut campur di dalamnya.

4. Tidak tahu batasan dalam berinteraksi dengan pasanganmu

Lalu kamu juga sebaiknya menjauhi atau memblacklist tipe teman yang tidak tahu batasan dalam berinteraksi dengan pasanganmu. Seperti melakukan kontak fisik berlebihan, mencari perhatian, atau bahkan sampai ingin diistimewakan. Hubunganmu dengan pasangan bisa menjadi tidak nyaman jika kamu tak segera menjauhi tipe teman seperti ini.

5. Membuatmu membenci diri sendiri

Kemudian tipe terakhir yang juga mesti kamu jauhi adalah yang membuatmu insecure dan membenci diri sendiri. Jangan membuat dirimu terjebak dalam pertemanan yang tidak sehat seperti ini, karena selain merusak kesehatan mental, kamu juga tak mendapat dampak positif apapun darinya.

Itulah tadi beberapa tipe teman yang berpotensi merusak mentalmu dan juga pantas untuk kamu blacklist.