Punya Aroma Khas, 5 Kegunaan Daun Pandan pada Makanan

Punya Aroma Khas, 5 Kegunaan Daun Pandan pada Makanan

Punya Aroma Khas, 5 Kegunaan Daun Pandan pada Makanan

Punya Aroma Khas, 5 Kegunaan Daun Pandan pada Makanan

Tamantoto Togel HK – Ada tidak sedikit jenis dedaunan yang dipakai sebagai bumbu dapur dalam pengolahan hidangan Indonesia. Di samping daun salam, daun pandan pun termasuk yang sangat sering diperlukan.

Ya! Sejak zaman dahulu, masyarakat sudah mengenal daun pandan dengan sekian banyak kegunaannya dalam pengolahan makanan. Apa sajakah itu? Nah, untuk kamu yang barangkali kurang tak asing dengan pemakaian daun ini, ayo simak barisan infonya berikut!

1. Pemberi wewangian wangi pada makanan

Sudah pasti, faedah utama dari pandan tak lain ialah memberikan wewangian wangi pada makanan. Caranya mudah, kamu melulu perlu menciptakan simpulan dari daun pandan, kemudian masukkan ke dalam olahan yang diharapkan saat memasak.

Beberapa jenis jajanan tradisional laksana kolak atau bubur kacang hijau ialah yang lumayan populer dalam pemakaian daun pandan. Bau apek pada beras juga dapat dilenyapkan dengan ekstra pandan ketika memasaknya.

2. Pewarna hijau alami

Mudah sekali menemukan sekian banyak perwarna hijau makanan di pasaran. Akan tetapi, bila ada bahan alami yang lebih unggul mengapa tidak dicoba?

Daun pandan adalahbahan pewarna hijau yang pun akan menciptakan makanan beraroma harum alami. Cukup blender daun pandan beserta sejumlah helai daun suji, kemudian saring, anda sudah dapat menggunakannya menjadi perwarna sekian banyak jenis kue yang anda kehendaki. Gampang bukan?

3. Pembungkus makanan

Hebatnya lagi, daun pandan juga dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus sebuah makanan. Bukan sekadar menambah wewangian sedap, membalut dengan daun pandan akan menciptakan makanan tampak cantik, dan pastinya lebih higienis sebab sifat anti bakteri yang dimilikinya.

Bakcang dan kue perahu ialah contoh dari sederet makanan yang dibalut menggunakan daun pandan.

4. Perasa kue atau minuman

Fungsi daun pandan lainnya ialah sebagai bahan perasa makanan. Meskipun tidak terdapat rasa yang tajam dalam daun pandan, memilih perasa pandan menciptakan kue atau juga minuman menjadi terasa lembut dan terhirup wangi khas ketika menikmatinya.

Bahkan sejumlah sumber mengaku rasa tersebut serupa dengan vanila atau bunga mawar yang pun mempunyai rasa yang lembut dan harum. Kue chiffon adalahyang sangat populer bakal rasa pandannya.

5. Penghias hidangan

Terakhir, pandan juga dapat dikreasikan menjadi garnish yang bakal menyempurnakan penyajian makananmu. Dengan warna hijau tua yang dimilikinya, kamu dapat menaruh potongan pandan saat food plating. Terkesan fresh dan simple, kan?

Nah itulah sejumlah kegunaan daun pandan guna makanan. Ternyata bukan hanya mengharumkan saja, namun ada fungsi-fungsi beda yang dapat kamu terapkan ketika berkutat di dapur. Selamat mencoba, ya!