Perbedaan Mocktail dan Cocktail, Mana yang Mengandung Alkohol?

Perbedaan Mocktail dan Cocktail, Mana yang Mengandung Alkohol?

Perbedaan Mocktail dan Cocktail, Mana yang Mengandung Alkohol?

Perbedaan Mocktail dan Cocktail, Mana yang Mengandung Alkohol?

Mocktail dan cocktail seringkali menciptakan kita bingung membedakannya. Serupa, namun tak sama. Meski sama-sama menyegarkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya, lho.
Apa saja? Yuk, simak ulasannya inilah ini!

1. Mocktail tidak berisi alkohol

Mocktail tidak berisi alkohol. Masing-masing punya racikannya sendiri, umumnya tercipta dari bahan-bahan yang beraroma. Misalnya laksana sari buah, sirup, es krim, susu, madu, dan sebagainya. Sedangkan, cocktail seringkali berisi alkohol.

2. Perbedaan bahan dasar cocktail dan mocktail

Cocktail punya bahan utama laksana gin, brandy, whisky, tequila, dan rum. Selanjutnya, bartender bakal meraciknya dengan anggur, bitters, vermouth, atau sari buah-buahan lainnya. Tujuannya agar minuman dapat memberikan rasa atau wewangian yang lebih kuat.

Lain halnya dengan mocktail yang bertujuan membuatmu merasa segar saja. Mocktail tercipta dari gabungan soda enteng dengan sari atau jus buah.

Nama cocktail dan mocktail berbeda-beda, tergantung bahannya. Misalnya, cocktail bloody mary yang tercipta dari jus tomat, saus worcestershire, tabasco, sari lemon, dan vodka. Kalau vodka dihilangkan menjadi cocktail virgin mary.

3. Rasa cocktail lebih pahit

Adanya gabungan alkohol pada cocktail menciptakan rasanya ingin lebih pahit atau asam. Sedangkan, mocktail ingin manis. Ada sih yang masam, namun kembali lagi ke gabungan sari buah yang digunakannya.

4. Persiapan menciptakan cocktail dan mocktail berbeda

Ada standar eksklusif dalam menyiapkan suatu cocktail. Kalau anda perhatikan, semua bartender tidak melulu asal meracik minuman seraya beratraksi.

Mereka mesti meyakinkan komposisinya telah tepat apa belum. Kadar alkoholnya tidak melebihi sari atau jus buahnya. Salah tidak banyak rasanya dapat kacau.

Berbeda dengan mocktail yang telah ada resep paten guna membuatnya. Bahkan, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Cukup mencampurkan bahan-bahannya, seperti menciptakan minuman instan.

5. Harga mocktail relatif terjangkau

Dari lokasi yang menjualnya saja, anda pasti paham bila harga cocktail ingin lebih mahal. Belum tergolong pajak lokasi dan layanannya.

Mahalnya harga cocktail juga diprovokasi tampilan gelasnya yang menarik. Coba deh perhatikan, masing-masing jenis cocktail tentu punya gelasnya tersendiri.

Sedangkan mocktail, dapat didapatkan di sekian banyak tempat atau membuatnya sendiri. Harganya dibanderol mulai dari Rp10 ribuan, tergantung ruang belajar tempatnya. Bahkan, kamu dapat membelinya di pasar swalayan.

Itulah lima perbedaan fundamental antara mocktail dengan cocktail. Jangan hingga salah pesan ya, khususnya anda yang tidak minum alkohol.