Penyebab Mata Bintitan dan Cara Mengobatinya yang Pelu Diketahui

Penyebab Mata Bintitan dan Cara Mengobatinya yang Pelu Diketahui

Penyebab Mata Bintitan, Gejala, dan Cara Mengobatinya yang Pelu Diketahui

 

Penyebab Mata Bintitan, Gejala, dan Cara Mengobatinya yang Pelu Diketahui

Klik di sini – V. Mata bintitan ini dapat terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Kebiasaan yang tidak jarang dikaitkan dengan kelaziman mengintip ini pastinya mempunyai penjelasan yang lebih logis dari itu.

Masalah mata yang satu ini dapat sangat mengganggu, dan pada beberapa orang dapat menurunkan rasa percaya diri. Dilansir dari KlikDokter, mata bintitan atau hordeolum ialah bentuk infeksi kelenjar penghasil minyak (zeis dan meibom) yang terletak di pinggiran kelopak mata.

Penyebab mata bintitan ialah infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang menyerang kelenjar dalam mata. Hal berikut yang mengakibatkan timbulnya benjolan di kelopak mata. Meskipun tidak berbahaya, bintitan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari sebab menimbulkan rasa nyeri juga.

Menyentuh mata dengan tangan kotor

Seperti yang telah dilafalkan sebelumnya, penyebab mata bintitan sebenarnya sehubungan dengan kesucian area mata. Maka dari itu, penyebab mata bintitan yang kesatu ialah menyentuh mata dengan tangan kotor.

Saat anda berolahraga laksana futsal atau basket, usahakan tidak boleh langsung memegang atau mengucek mata sebelum mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini disebebkan sebab tangan yang kotor bisa menularkan bakteri ke mata dan kesudahannya akan menciptakan munculnya bintitan.

Tangan yang tak bernoda bukan berarti tidak berisi kuman. Jadi, guna menghindari penyebab bintitan satu ini, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh mata. Jika tidak terdapat air dan sabun, pakai hand sanitizer untuk mencuci tangan.

Kebiasaan istirahat pakai make up

Penyebab mata bintitan selanjutnya barangkali lebih sering didatangi pada wanita, yaitu kelaziman tidur tanpa menghapus make up terlebih dahulu. Bekerja nyaris seharian kadang menciptakan tubuh malas melakukan tidak sedikit hal saat sampai di rumah.

Tapi, guna urusan mencuci diri, khususnya untuk mencuci riasan atau make up sebelum istirahat adalahhal mesti yang mesti anda lakukan, sebab dapat menjadi penyebab mata bintitan.

Tidur dengan wajah masih menggunakan riasan akan menciptakan pori-pori wajah tersumbat oleh bahan kimia, debu, serta bakteri. Kalau telah begitu, tidak saja menjadi penyebab mata bintitan, wajah pun berisiko ditumbuhi jerawat.

Oleh sebab itu, anda wajib mencuci wajah hingga bersih sebelum tidur. Setelah selesai mencuci wajah, keringkan semua bagian wajah dengan handuk bersih. Kemudian, anda baru boleh istirahat dengan tenang.

Menggunakan kosmetik kedaluwarsa

Masih sehubungan dengan kosmetik, penyebab mata bintitan berikutnya ialah menggunakan kosmetik kedaluwarsa. Jika anda masih memakai kosmetik yang sudah melalui tanggal kedaluwarsa atau masa pantas pakai, urusan ini bisa menjadi di antara penyebab mata bintitan.

Kosmetik kedaluwarsa ialah media untuk bakteri guna tumbuh dan berkembang sampai-sampai nantinya sangat barangkali menimbulkan sekian banyak masalah pada kulit, tergolong jerawat dan mata bintitan.

Kamu mesti tahu sekian banyak kosmetik yang kamu pakai tahan atau pantas pakai berapa lama. Misalnya saja, maskara melulu dapat dipakai 3–6 bulan. Jika maskara telah mulai menggumpal atau mengakibatkan gatal ketika dipakai, anda harus menggantinya dengan yang baru.

Sedangkan, eyeliner dapat digunakan selama 6 bulan–1 tahun. Jika telah menggumpal dan memunculkan rasa gatal, jangan digunakan lagi dan ganti dengan yang baru.

Di samping itu, eyeshadow hanya dapat digunakan 1–2 tahun. Meski bentuknya masih oke, kamu dianjurkan untuk mengubah yang baru bila umur eye shadow yang hendak dipakai sudah lebih dari 2 tahun.

Kamu mesti menghindari terlalu tidak jarang menyentuh bintitan, karena dapat menyebabkan peradangan semakin parah. Apabila mata bintitan telah terlanjur terjadi dan anda merasa paling terganggu dengan urusan itu, segera cek ke dokter.

Cara Mengobati Mata Bintitan

Mata bintitan sebetulnya adalahpenyakit yang dapat sembuh sendiri dalam masa-masa 1-2 minggu. Bahkan proses penyembuhannya dapat lebih cepat dengan sejumlah cara mudah, yakni dengan mengerjakan kompres hangat dan pijat secara perlahan pada mata yang merasakan hordeolum atau bintitan sejumlah 4 kali sehari, setiap selama 10 menit.

Namun, bila teknik ini masih belum bisa mengobati mata bintitan, maka usahakan anda langsung pergi berobat ke dokter guna mempercepat pengobatan infeksi.

Jika benjolan lumayan besar dan nanahnya lumayan banyak, dokter dapat menganjurkan untuk menjalankan terapi perbuatan berupa insisi drainase. Benjolan akan dimulai dan isi nanah dikeluarkan lewat suatu operasi kecil tanpa jahitan.

Satu urusan yang perlu anda ingat, tidak boleh mencoba guna memencet atau memecahkan benjolan untuk menerbitkan nanah. Hal ini justru dapat menyebabkan infeksi semakin meluas sampai-sampai seluruh kelopak mata bisa menjadi terinfeksi.