Penyakit Akibat Stres yang Gak Boleh Disepelekan

Penyakit Akibat Stres yang Gak Boleh Disepelekan

Penyakit Akibat Stres yang Gak Boleh Disepelekan

Penyakit Akibat Stres yang Gak Boleh Disepelekan

Klik di Situs ini – Stres adalah kondisi tertekan yang terjadi pada pikiran dan tubuh. Penyebabnya pun bisa beragam, seperti masalah pekerjaan, pendidikan, keuangan, keluarga, dan lain lain.

Tahukah kamu bahwa stres dapat memicu persoalan kesehatan serius pada tubuhmu? Ya, beberapa penyakit dapat menyerang tubuh atau fisik jika stres tidak dikendalikan dengan baik. Inilah lima penyakit yang dapat menyerang tubuhmu jika kamu tidak mengendalikan stres dengan baik. Apa saja?

1. Depresi

Salah satu penyakit yang bisa dialami akibat stres yaitu depresi. Dilansir Mayo Clinic, stres dapat meningkatkan risiko depresi, terutama stres yang berkepanjangan.

Stres sebetulnya bisa dikelola karena pada dasarnya manusia memang bisa dihinggapi stres setiap hari. Kemampuan pengelolaan stres yang baik juga secara tidak langsung akan membantumu terhindar dari depresi.

Memang depresi tidak berdiri sendiri, namun tingkat stres yang sangat tinggi dan intens akan membuat seseorang sangat rentan terserang depresi.

2. Diabetes tipe 2

Dilansir Healthline, stres yang terjadi secara terus-menerus tanpa ada solusi untuk menyelesaikannya dapat mengakibatkan naiknya gula darah dalam tubuh. Jika ini dibiarkan, akan mengakibatkan diabetes tipe 2.

Diabetes sendiri memiliki banyak komplikasi fatal yang bisa merusak organ-organ tubuh manusia. Bahkan, diabetes termasuk salah satu penyakit dengan tingkat fatality tertinggi di dunia.

3. Penyakit lambung

Naiknya asam lambung yang tak terkontrol juga bisa diakibatkan oleh stres, seperti ditulis Medical News Today. Dalam beberapa kasus, penyakit lambung dapat berakibat fatal bagi penderitanya.

Mungkin kamu pernah merasa mual dan asam lambungmu meningkat saat stres dan tertekan. Hal itu menunjukkan respons tubuhmu yang sedang menghadapi tekanan dari luar, entah itu tekanan pikiran maupun tekanan fisik.

Mungkin penyakit lambung terkesan remeh bagi banyak orang. Namun, jika tidak diatasi dengan benar, akan berdampak fatal terhadap kesehatan jangka panjang.

4. Masalah kesuburan

Masalah kesuburan bisa dialami oleh beberapa pasangan suami istri yang ingin memiliki keturunan. Salah satu penyebab timbulnya masalah kesuburan yaitu stres.

Stres yang parah akan mengakibatkan kualitas kesehatan reproduksi seseorang juga terganggu, bahkan bisa saja sampai mengganggu mood atau gairah seseorang dalam hal seksual. Stres dapat mengakibatkan ejakulasi dini pada pria dan dapat membuat siklus menstruasi pada perempuan tidak teratur.

Itulah empat penyakit yang diakibatkan oleh stres. Sebaiknya, kamu dapat mengelola stres dengan baik. Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat, ya!