Peneliti Temukan Bahan Yang Bisa Memperkuat Diri, Makin Lama Dipakai Malah Makin Kuat

Peneliti Temukan Bahan Yang Bisa Memperkuat Diri, Makin Lama Dipakai Malah Makin Kuat

Peneliti Temukan Bahan Yang Bisa Memperkuat Diri, Makin Lama Dipakai Malah Makin Kuat

Peneliti Temukan Bahan Yang Bisa Memperkuat Diri, Makin Lama Dipakai Malah Makin Kuat

AGEN CASINO – Bisa menggunakan bahan yang kuat pada sarana yang digunakan di kehidupan sehari-hari adalah keinginan semua orang.

Bukan hanya lebih aman digunakan, perangkat tersebut juga pastinya menjadi lebih awet dan tidak banyak memakan biaya perawatan.

Langkah baru menuju bahan yang kuat tersebut berhasil ditemukan oleh peneliti dari Hokkaido University di Jepang, melalui penelitian terbaru untuk membuat bahan yang bisa memperkuat dirinya sendiri.

Menurut laporan dari New Atlas, bahan yang ditemukan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Jian Ping Gong tersebut akan semakin kuat bila semakin lama digunakan.

Tidak seperti bahan lain yang akan rusak bila telah lama digunakan, bahan polimer baru ini akan memperbaiki dirinya sendiri dan memperkuat dirinya.

Konsep yang digunakan untuk membuat bahan ini berasal dari otot manusia, yang bisa menjadi semakin kuat bila digunakan untuk berolahraga.

Ketika berolahraga, serat otot akan mengalami kerobekan atau kerusakan, dan tubuh akan memperbaikinya serta membuatnya menjadi lebih kuat, supaya bisa tahan dari penyebab kerusakan sebelumnya.

Sama seperti serat otot, polimer ini juga akan mengalami kerusakan ketika digunakan dan akan memperbaiki dirinya sendiri dengan menggunakan jel khusus.

Jel yang diberi nama Double Network Hydrogels tersebut akan memberikan asupan makanan yang diperlukan oleh polimer untuk membangun serat di dalamnya.

Karena sifatnya yang seperti otot, maka bahan polimer ini lembut permukaannya dan memiliki kekuatan yang tinggi.

Artinya, bila kamu menggunakan bahan ini untuk membuat perangkat rumah tangga, misalnya bangku dan kakinya suatu saat patah.

Maka kamu tinggal menempelkan patahannya dan memberikan hydrogel tersebut untuk memperbaikinya.

Ketika dites di lab, polimer yang diberikan hydrogel tersebut menjadi 1.5 kali lebih kuat, 23 kali lebih keras, dan juga beratnya bertambah 86 persen.

Tidak hanya kekuatannya saja, polimer tersebut juga bisa diatur properti bahannya; misalnya menggunakan monomer yang sensitif dengan panas dan temperatur tinggi untuk membuatnya anti-air.

Penerapan bahan ini di masa depan menurut peneliti begitu luas, misalnya untuk melapisi tulang pasien yang mengalami trauma berat, supaya tulangnya bisa kembali kuat.(*)