Paspor Jepang Jadi yang Terkuat di Dunia Indonesia Peringkat ke-72

Paspor Jepang Jadi yang Terkuat di Dunia Indonesia Peringkat ke-72

Paspor Jepang Jadi yang Terkuat di Dunia Indonesia Peringkat ke-72

Paspor Jepang Jadi yang Terkuat di Dunia Indonesia Peringkat ke-72

Tamantoto TogelPaspor Jepang Jadi yang Terkuat di Dunia Indonesia Peringkat ke-72

Paspor Jepang kembali menjadi paspor terkuat di dunia. Berada di posisi pertama dengan total bebas visa ke 191 negara, Jepang memantapkan diri sebagai paspor terkuat dunia tahun 2020.

Posisi sebagai paspor terkuat tersebut telah dipegang Jepang selama tiga tahun berturut-turut sejak 2018 lalu. Sementara posisi kedua dihuni oleh Singapura.

Ilustrasi perlengkapan traveling.

Singapura berada di posisi kedua paspor terkuat di dunia dengan selisih hanya satu negara dengan Jepang, yakni 190 negara bebas visa. Posisi ketiga dihuni oleh Jerman bersama Korea Selatan dengan total 189 negara bebas visa.

Lalu, di peringkat keempat ada Finlandia dan Italia dengan kesempatan bebas visa ke 188 negara. Kemudian diikuti oleh Denmark, Luksemburg dan Spanyol di posisi kelima dengan 187 negara bebas visa.

Dari jumlah kesempatan bebas visa yang dimiliki oleh negara-negara pemegang peringkat lima besar paspor terkuat dunia tersebut, kamu bisa melihat betapa sengitnya ‘persaingan’ antar negara. Bertambah atau berkurang satu negara saja, bisa menentukan kekuatan paspornya di mata dunia.

Paspor Indonesia 

Lantas, ada di nomor berapa Indonesia? Menurut Henley Passport Index 2020, Indonesia berada di posisi ke-72 bersama dengan China dan Kenya dengan kesempatan bebas visa ke 71 negara.

Posisi ini jauh dari Negeri Jiran yang berada di posisi ke-13 dengan kesempatan bebas visa ke 178 negara bersama Liechtenstein. Posisi ini bahkan lebih rendah dari paspor Thailand yang berada di rangking 65 dengan kesempatan bebas visa ke 78 negara.

Meski begitu, posisi ini merupakan sebuah peningkatan yang cukup spesifik. Karena Indonesia berhasil naik tiga tingkat dari rangking 75 di tahun 2019 lalu.

Ilustrasi tujuan traveling 

Henley Passport Index adalah ukuran kekuatan paspor dalam mengakses negara-negara di dunia tanpa visa. Henley Passport Index juga disusun berdasarkan data IATA (International Air Transport Association), yaitu asosiasi yang mengelola database informasi perjalanan terbesar dan terakurat dunia.

Enggak cuma sampai situ saja, penentuan Henley Passport Index juga dilengkapi penelitian in-house dengan indeks yang diperbaharui secara real time.

Karenanya, peringkat kekuatan paspor dari Henley Passport Index dinilai sangat penting, terutama bagi traveler. Karena bisa memberikan gambaran sederhana mengenai negara-negara mana saja yang bisa diakses tanpa visa, atau jenis visa apa yang mesti digunakan untuk berkunjung ke suatu negara.

Ilustrasi konter paspor Foto: Shutter stock

Berikut daftar 10 besar paspor terkuat dunia versi Henley Passport Index:

  • Jepang (191 negara bebas visa)
  • Singapura (190 negara bebas visa)
  • Jerman, Korea Selatan (189 negara bebas visa)
  • Finlandia, Italia (188 negara bebas visa)
  • Denmark, Luksemburg, Spanyol (187 negara bebas visa)
  • Prancis, Swedia (186 negara bebas visa)
  • Austria, Irlandia, Belanda, Portugal, Swiss (185 negara bebas visa)
  • Belgia, Yunani, Norwegia, Inggris, Amerika Serikat (184 negara bebas visa)
  • Australia, Kanada, Ceko, Malta, Selandia Baru (183 negara bebas visa)
  • Hungaria, Lithuania, Slovakia (181 negara bebas visa)