Mengunyah Es Batu, Apakah Aman untuk Kesehatan? Ini Fakta Medisnya!

Mengunyah Es Batu, Apakah Aman untuk Kesehatan? Ini Fakta Medisnya!

Mengunyah Es Batu, Apakah Aman untuk Kesehatan? Ini Fakta Medisnya!

Mengunyah Es Batu, Apakah Aman untuk Kesehatan? Ini Fakta Medisnya!

Tamantoto Togel HK – Minuman sudah berakhir diseruput, saldo es batunya saja. Karena sayang andai ditinggalkan begitu saja, tidak sedikit orang yang memakannya hingga habis. Memang tidak terdapat rasanya, namun mengunyah es batu dapat memberikan keenakan tersendiri. Apakah anda sering mengerjakan hal yang sama?

Makan es batu memang terdengar paling sepele. Bagaimanapun juga, tersebut hanyalah air putih yang dibekukan, kan? Terlebih lagi, air baik guna kesehatan. Lalu mengapa dipersoalkan?

Jangan terlampau cepat menyimpulkan. Faktanya, kelaziman tersebut dapat mendatangkan kejelekan untuk kesehatan kita. Bagaimana bisa? Simak penjelasannya inilah ini!

1. Kamu dapat jadi merasakan pagophagia

Pagophagia ialah istilah yang paling jarang anda dengar , ini merupakan situasi di mana seseorang terus menerus merasa memerlukan es. Pagophagia bisa digolongkan ke dalam kelainan santap langka yang mempunyai nama pica. Gejalanya dapat hadir sangat tidak jarang dan dapat dilangsungkan hingga lebih dari sebulan.

2. Bisa pun karena tubuh dehidrasi

Ketika tubuh dehidrasi, mulut menjadi kering dan mengharapkan sesuatu yang bisa menyegarkan. Tanpa sadar, anda akan mengerjakan apa pun guna meredakannya. Salah satu cara ialah dengan mengunyah es batu.

3. Anemia juga dapat memicu kelaziman mengunyah es batu

Kondisi berikutnya yang tidak jarang kali melatarbelakangi kelaziman mengunyah es ialah anemia, atau lebih tepatnya anemia defisiensi besi. Ini merupakan suasana di mana tubuh kelemahan zat besi untuk dapat membentuk sel darah merah.

Bagaimana dapat penyakit tersebut sehubungan dengan es batu? fenomena pagophagia dialami oleh minimal 16 persen penderita anemia defisiensi besi. Sayangnya, kebersangkutanan antara dua-duanya masih susah untuk ditemukan.

4. Kebiasaan mengunyah es batu dapat merusak enamel gigi

Tahukah anda bahwa gigi anda tidak dibuat untuk mengunyah sesuatu yang terlalu keras? Es batu ialah salah satunya. Jika anda terlalu tidak jarang melakukan kelaziman tersebut, masalah kesatu yang akan anda rasakan ialah rusaknya enamel atau email gigi. Ketika lapisan itu retak atau terkikis, maka besar potensi gigi guna berlubang.

5. Tingkat sensitivitas gigi bakal meningkat

Masalah berikutnya yang bakal timbul ialah gigi menjadi sensitif. Kamu bakal merasa ngilu ketika mengonsumsi makanan dan minuman dingin maupun panas. Kenapa urusan ini dapat terjadi?

Ketika enamel gigi retak, saraf yang terdapat di dalamnya juga terekspos tanpa perlindungan apa pun. Itulah yang mengakibatkan sensitivitas meningkat, bahkan beberapa orang dapat sampai menikmati sakit pada otot rahangnya.

6. Dapat mengakibatkan infeksi gusi

“Mengunyah es batu yang terlampau keras dan tajam bisa melukai gusi, ini akan mengakibatkan infeksi dan masalah gusi serius lainnya,” kata Gregg Lituchy, seorang dokter gigi di New York

Ketika ini terjadi, gusi akan gampang terluka bahkan ketika menyikat gigi sekalipun. Tak melulu itu, infeksi pun akan memunculkan rasa sakit saat makan dan minum.

7. Bagaimana metodenya menghentikan kelaziman ini?

Cara kesatu guna menghentikan kelaziman mengunyah es ialah dengan menyadari bahaya yang dari perbuatan tersebut. Makan es batu sebetulnya sah-sah saja, asal tidak dikunyah.

Sebagai gantinya, kamu dapat menyesap es itu dengan lidah. Untuk cara lain, kamu dapat menggantinya dengan makanan yang lebih lunak. Misalnya permen, permen karet, atau bahkan buah. Gimana, masih inginkan melanjutkan kelaziman tersebut?