Mengenal Ibukota Jakarta Dengan Pilihan Kuliner Khas Betawi

By | June 19, 2019 4:49 am
Mengenal Ibukota Jakarta Dengan Pilihan Kuliner Khas Betawi

Mengenal Ibukota Jakarta Dengan Pilihan Kuliner Khas Betawi

Mengenal Ibukota Jakarta Dengan Pilihan Kuliner Khas Betawi

Tanggal 22 Juni 2019, kota Jakarta yang dijuluki sebagai “The Big Durian”ini akan genap berumur 492 tahun. Untuk menyambut perayaan ulang tahun dari ibukota negara Indonesia tersebut, tidak salahnya Anda mempelajari budaya dan sejarah dari kota yang dikabarkan mempunyai lebih dari 130 pusat perbelanjaan ini.

Tidak harus melakukan kunjungan ke museum sejarah, Anda juga dapat mengenal kota Jakarta melalui beragam kuliner khas Betawi yang tersedia di seantero pelosok kota yang pernah dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini.

Penasaran? Yuk, lihat kompilasi dari beragam pilihan kuliner khas Betawi berikut ini!

Laksa Betawi

Jika Anda pernah berkunjung ke Singapura atau Malaysia, pasti tahu betul betapa populernya makanan yang satu ini. Biarpun di Indonesia, laksa dikenal sebagai makanan khas Betawi, tetapi sebenarnya cita rasa dari laksa merupakan perpaduan dari bahan-bahan masakan khas Tiongkok dan Melayu.

Kuah laksa yang berwarna kuning merupakan hasil racikan dari beragam rempah-rempah, mulai dari lengkuas sampai udang rebon. Untuk lauknya, menu makanan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu ini biasanya berisi telur, ketupat, daun kemangi, kucai dan bawang goreng. Anda bisa menemukan makanan yang satu di sekitaran daerah Jakarta Barat.

Asinan Betawi

Bosan dengan salad khas negara barat? Atasi dengan asinan betawi saja! Makanan favorit para turis saat berkunjung ke Jakarta ini berisi bermacam-macam buah dan sayuran yang dipadukan dengan kuah gula merah. Penambahan keripik mie kuning juga akan membuat makanan yang identik dengan ulang tahun Jakarta ini patut Anda coba!

Kerak Telor

Jangan mengaku orang Jakarta jika belum pernah mencoba makanan yang satu ini! Iya, kerak telor yang biasanya dapat Anda temukan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) ini merupakan makanan wajib yang harus dicoba saat berkunjung ke Jakarta.

Dijuluki “Omelet Batavia”, makanan yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda ini merupakan campuran dari telur ayam dan beras ketan, yang kemudian dimasak diatas bara api sembari dikipasi. Yang unik dari proses pembuatan kerak telor adalah, saat kerak telor setengah matang, wajan akan dibalik menghadap bara api sehingga kerak telor akan terbakar bara api hingga matang. Sayangnya, makanan yang satu ini terbilang langka dan hanya muncul setahun sekali saat perayaan ulang tahun kota Jakarta.

Gado-Gado Betawi

Jika Jawa Barat punya lotek, di Jakarta ada gado-gado. Makanan yang pertama kali ditemukan oleh masyarakat Kampung Tugu yang merupakan keturunan Portugis ini, cocok untuk Anda yang suka dengan menu makanan sehat. Tidak susah kok menemukan gerai makanan yang menjual gado-gado, karena makanan yang terkenal akan rasa gurih bumbu kacangnya ini sudah menjadi makanan umum warga Jakarta.

Kue Rangi

Kue rangi merupakan kue tradisional khas Betawi yang memiliki rasa legit percampuran manis dan asin. Kudapan legendaris ini juga sering dikenal dengan nama sagu rangi. Sayangnya, kue rangi sudah mulai langka untuk ditemui. Anda memerlukan sedikit usaha untuk menemukan penjual dari kue yang terkenal di era 80-an.

Dari kelima makanan khas Betawi diatas, yang mana sudah kamu coba?