Melihat Wisma Atlet Kemayoran yang Siap Jadi RS Darurat Corona

Melihat Wisma Atlet Kemayoran yang Siap Jadi RS Darurat Corona

Melihat Wisma Atlet Kemayoran yang Siap Jadi RS Darurat Corona

Melihat Wisma Atlet Kemayoran yang Siap Jadi RS Darurat Corona

Tamantoto Togel HK – Melihat Wisma Atlet Kemayoran yang Siap Jadi RS Darurat Corona

Pemerintah Indonesia telah menyulap sejumlah lokasi menjadi rumah sakit darurat COVID-19. Salah satunya adalah Wisma Atlet Kemayoran yang disiapkan untuk menampung 24 ribu pasien dan sudah bisa digunakan mulai Senin (23/3).

Presiden Jokowi menyebut, Wisma Atlet yang terdiri dari beberapa tower ini baru bisa menampung 3 ribu pasien. Sementara bagian lainnya masih akan disiapkan secara bertahap.

Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3). Foto: ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro

“Yang saat ini telah disiapkan adalah untuk 3.000 pasien dengan wilayah ruang yang telah ditata dengan manajemen yang baik, baik untuk pasien, untuk dokter, para medis semuanya ditempatkan dengan manajemen ruang berbeda,” beber Jokowi saat meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Senin (23/3).

Menurutnya, saat ini seluruh sarana dan prasarana di Wisma Atlet sudah lengkap, termasuk peralatan medis untuk menghadapi corona. Namun, ia berharap rumah sakit darurat ini tidak digunakan.

Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Foto: Dok. BPMI Setpres

“Tapi saya berharap rumah sakit darurat corona ini tidak digunakan, artinya rumah sakit rujukan yang telah kita siapkan jauh hari sebelumnya bisa melaksanakan penanganan virus corona ini,” ucapnya.

Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Foto: Dok. BPMI Setpres
com-Bank BRI menyerahkan bantuan CSR berupa sarana dan prasarana penunjang Rumah Sakit Corona Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta (23/03). Foto: Dok. BRI
Ambulan di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Foto: Dok. BPMI Setpres
Ruang instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Meski awalnya tidak ditujukan untuk menjadi tempat isolasi wabah, namun Wisma Atlet sudah dirombak sedemikian rupa. Sehingga, COVID-19 tak menjangkit tenaga medis yang bertugas di sana.

“Wilayah ruang yang telah ditata dengan baik, baik itu untuk pasien, untuk paramedis, semuanya ditempatkan dengan manajemen ruang yang berbeda,” jelas Jokowi.

Infografis Wisma Jadi Atlet RS Darurat Corona Foto: Andrifarifin/kumparan

Tower yang akan digunakan di Wisma Atlet adalah Tower 1, Tower 3, Tower 6, dan Tower 7 di Blok D10. Tower 6 dikhususkan untuk ruang rawat inap pasien sedangkan Tower 7 akan dibagi menjadi beberapa fungsi seperti IGD, ICU, dan ruang refreshing.

Seluruh petugas medis akan menempati tower berbeda, yaitu Tower 1. Sedangkan Tower 3 rencananya akan digunakan sebagai Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19.

Setidaknya, terdapat 566 pasukan yang dikerahkan untuk mendukung operasional RS Darurat Wisma Atlet. Pasukan dari Kodam dan Kogabwilhan I akan turun dan membantu kebutuhan dapur serta makanan.