Makanan Ini Ternyata Pemicu Timbulnya Gelisah, Hindari Saat Stres!

Makanan Ini Ternyata Pemicu Timbulnya Gelisah, Hindari Saat Stres!

Makanan Ini Ternyata Pemicu Timbulnya Gelisah, Hindari Saat Stres!

Klik di sini – Makanan sering dikaitkan dengan kesehatan fisik dan mental. Selain bisa menyehatkan, ternyata ada makanan tertentu yang justru bisa memperburuk stres yang sedang kamu rasakan. Kamu jadi makin gelisah, bingung, dan tidak bersemangat.

Inilah 5 makanan yang menjadi pemicu perasaan gelisah semakin mendera.

1. Alkohol

Mungkin sebagian orang saat merasa gelisah larinya pada minuman beralkohol. Namun melansir dari healthline.com yang dikutip dari Belly Fat for Dummies, Erin Palinski-Wade, RD, CDE selaku penulis mengemukakan bahwa meskipun alkohol menenangkan saraf, alkohol adalah pemicu hidrasi serta memperburuk kualitas tidur yang mana kedua hal tersebut adalah pemicu kegelisahan.

Selain itu, alkohol pun dapat mengubah kadar serotonin dan neurotransmiter pada otak yang akan memperburuk keadaan gelisah tersebut. Apabila kadar alkohol dalam tubuh sudah habis dampaknya pada perasaan gelisah yang semakin parah.

2. Kafein

Kadar kafein paling tinggi ditemukan pada kopi. Menurut National Coffee Association, 62 persen orang Amerika mengkonsumsi minimal tiga gelas kopi per hari. Kebiasaan tersebut ternyata berbahaya. Lantaran kadar kafein yang tinggi dapat meningkatkan kegelisahan dan kegugupan, serta menurunkan produksi serotonin kimia yang akhirnya berdampak pada suasana hati depresi.

Sebagai pengganti, matcha tea adalah minuman yang mengurangi rasa gugup berkat kandungan l-theanine di dalamnya yang memberi efek menenangkan.

3. Makanan yang difermentasi

Proses fermentasi pada makanan ternyata memecah protein menjadi amina biogenik, salah satunya histamin. Histamin merupakan neurotransmitter yang dapat memberi dampak pada hormon, pencernaan, sistem kardiovaskular, dan saraf.

Contoh makanan yang difermentasi adalah daging yang diawetkan, keju, hingga anggur merah.

4. Gula tambahan

Semua makanan kemasan yang biasa dikonsumsi setiap hari mengandung gula tambahan. Mengonsumsi gula tambahan tidak boleh melebihi 10 persen per diet harian. Karena jika mengonsumsi gula tambahan terlalu banyak maka dapat memicu perasaan sedih, khawatir, dan marah.

Itulah 4 makanan yang ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya gelisah. Ada baiknya kamu menghindari kelima jenis makanan di atas daripada semakin memperburuk stres yang sedang kamu rasakan.