Macam Rujak Nusantara yang Gak Pakai Buah-buahan, Nikmat!

Macam Rujak Nusantara yang Gak Pakai Buah-buahan, Nikmat!

Macam Rujak Nusantara yang Gak Pakai Buah-buahan, Nikmat!

Macam Rujak Nusantara yang Gak Pakai Buah-buahan, Nikmat!

Masyarakat Indonesia memang familiar dengan kekayaan citarasa kulinernya yang paling luar biasa. Termasuk pun camilan khas yang familiar seantero nusantara yakni rujak.

Setiap wilayah mempunyai rujak khas mereka setiap dengan keanehan dan citarasa khasnya sendiri sendiri.

Ternyata tak melulu buah-buahan saja yang biasa diciptakan rujak, sejumlah bahan makanan tak biasa ini pun ternyata enak lho menjadi bahan penciptaan rujak dan pastinya dengan rasa khas masing-masing. Apa saja ya? Yuk, simak!

1. Batok kelapa
Rujak yang memakai batok kelapa guna bahan utamanya ini dinamakan rujak u groeh, dan pastinya batok kelapa yang digunakan ialah batok kelapa yang masih muda dan renyak ketika digigit.

Rujak u groeh ini berasal dan melulu ada di Aceh besar, citarasanya yang unik menciptakan rujak khas ini tak pernak kelemahan peminat. Rasanya segar dengan gabungan sambal yang nendang dan menggigit menciptakan orang tidak jarang kali penasaran untuk mengupayakan rujak khas aceh besar yang legendaris ini.

2. Mie

Di samping sebagai bahan bakso dan mie ayam, di Palembang mie juga diciptakan bahan penciptaan rujak lho.

Mie yang dipakai biasanya ialah mie kuning ataupun soun yang diguyur dengan kuah kuah cuko dan diperbanyak dengan potongan timun dan pempek yang akan menciptakan citarasa rujak ini semakin segar dan menggoda. Di samping segar ngenyangin juga, nih.

3. Cumi

Rujak menarik yang satu ini berasal dari betawi. Rujak yang menjadikan cumi bakar yang telah dicukur memanjang sebagai bintang utamanya ini dinamakan rujak juhi. Dipadukan dengan mie kuning irisan selada dan timun yang kemudian diguyur dengan sambal kacang ini wajib anda coba ketika pergi ke Jakarta ya.

4. Hidung sapi (Cingur)

Kalau rujak yang satu ini pasti kamu sudah pernah coba, atau minimal pasti pernah dengar. Bagian hidung dan mulut sapi yang disajikan bahan utama pembuatan rujak ini dicampur dengan berbagai aneka buah-buahan dan sayur mayur lalu kemudian disiram sambal yang segar dan pedas.

Tekstur cingur yang kenyal dan rasanya yang gurih sangat cocok dipadukan dengan berbagai bahan campuran serta sambal khasnya.

Nah, itulah aneka jenis rujak nusantara yang gak hanya mengandung buah. Kamu udah pernah jajaki semua?