Kenapa Keyboard Kita “Qwerty”?

Kenapa Keyboard Kita “Qwerty”?

Kenapa Keyboard Kita “Qwerty”?

Kenapa Keyboard Kita “Qwerty”?

TOGEL ONLINE – Setiap mau nge-chat ke temen atau pacar, pasti kita ngetik kata-katanya di keyboard hape kita. Atau, lagi ngerjain tugas dari guru atau dosen, misalnya suruh buat esai, pasti kita ngetik juga di keyboard laptop kita. Dan, kalau dilihat-lihat, di hape atau laptop pasti tampilan keyboard kita itu QWERTY. Bukan pasti lagi, tapi selalu, ngga cuman laptop, hape, atau bahkan tablet pun tampilan keyboardnya QWERTY. Lalu, kenapa ya keyboard kita itu harus Qwerty? Kenapa ngga ABCDE aja, bukannya lebih gampang?

Mau ngetik dimana aja, pasti keyboardnya bentuknya Qwerty, bukan yang lain…
Mau ngetik dimana aja, pasti keyboardnya bentuknya Qwerty, bukan yang lain…

Udah Dipake Semua Orang

Setiap kita ngetik pasti pernah kepikiran, kenapa urutan huruf dalam keyboard kita itu mengacak? Bentuk keyboard yang kita gunakan sampe sekarang itu namanya Qwerty. Susunan huruf ini diambil dari 6 susunan huruf paling awalnya. Nah, tapi kenapa si Qwerty ini yang dipake sama semua orang?

Singkatnya, keyboard Qwerty udah distandarisasi, atau gampangnya udah ditetapin susunannya, biar dipake sama semua orang. Sistem ini distandarisasi secara internasional lho! Tepatnya sejak abad 19 yang lalu. Jadi, ngga heran, kenapa keyboard Qwerty ini dipake di laptop, hape, atau mesin ketik gitu deh. Secara tampilan, keyboard ini lebih mudah dimengerti sama penggunanya. Soalnya, letak hurufnya itu ngga berurutan, tapi disesuaikan sama jari kita biar bisa ngetik pake 10 jari, bukan cuman satu jari aja. Nah, karena intinya, keyboard ini mudah banget dipakenya, dan dibuatlah standar biar semua orang pake keyboard Qwerty ini. Makanya, keyboard jenis ini yang dipake sama semua orang akhirnya. Kebetulan, saat itu belum ada sistem keyboard yang acak dan bikin mudah selain si keyboard Qwerty ini.

Ternyata Dahulu Keyboard itu ABCDE!

Pada jaman dahulu kala, keyboard itu sering digunain buat mesin tik, soalnya belum ada komputer. Dan, kebanyakan menggunakan susunan huruf, sesuai dengan urutan alfabet kita (ABCDE). Tapi, muncul satu permasalahan terjadi yaitu banyak dari kata bahasa inggris yang menggunakan huruf yang terlalu berdekatan misalnya huruf T sama H, sehingga tuas pada mesin tik tersebut seringkali menyangkut, ketika digunakan. Makanya, lama-lama keyboard ABCDE bikin kerjaan juru ketik saat itu kerjanya keganggu terus, karena harus ngebenerin tuas yang sering nyangkut. Bukannya tulisannya banyak, malahan waktunya habis buat ngebenerin tuas yang nyangkut.

Oleh karena itu, pilihan terbaiknya adalah mengacak susunan huruf yang berurutan biar tuas mesin ketiknya ngga nyangkut melulu, dan bisa bikin kerjaannya cepet kelar.

Huruf berurutan pun suka nyusahin buat ngetik… makanya pilihannya ya dijauhin..
Huruf berurutan pun suka nyusahin buat ngetik… makanya pilihannya ya dijauhin..

Oleh karena itu pada tahun 1874, si Om Christopher Sholes, memecahkan permasalahan tersebut, dengan membuat mesin tik model huruf “qwerty”. Karena, dia udah lelah banget karena keyboard ABCDE ini ngehambat kerjaannya saat itu sebagai editor koran. Iya, karena saat itu, orang yang ngetik itu kerjanya lama banget karena saat bikin tulisan selalu kehambat sama nyangkutnya tuas pada mesin ketik. Dia pengen banget biar orang-orang ini kerjanya lebih cepet dan produktif, ya maksudnya bisa ngehasilin kata yang lebih banyak lagi tanpa harus keganggu sama tuas mesin ketik yang nyangkut terus.

Berkat ide briliannya, akhirnya semua orang bisa ngetik dengan santainya.. Makasih Om Sholes!
Berkat ide briliannya, akhirnya semua orang bisa ngetik dengan santainya.. Makasih Om Sholes!

Akhirnya, Ia mendesain keyboard “qwerty” untuk memisahkan pasangan huruf yang sering digunakan, agar menjadi berjauhan, sehingga mesin tik akhirnya jadi lebih efisien digunakan. Iya, kerja para tukang ketik pun jadi jauuuuuh lebih cepet, mau itu ngetik pidato, atau mau ngebuat berita. Dan, sistem acak-acak ala om Sholes ini yang dipake, soalnya letak yang acak doang ini keliatannya justru sesuai pas dipake bahasa lain.

Makanya, sistem ini akhirnya diadopsi, bahkan sekarang udah distandarisasi. Soalnya, penempatan hurufnya gampang diinget. Kaya huruf yang sering dipake buat ngetik kata-kata yang paling umum ditaronya dibagian tengah, dan bagian atas. Jadi, desain Qwerty ini bikin kerja para tukang ketik lebih cepet, soalnya bisa ngetik pake jari lain. Nama Qwerty ini diambil dari enam huruf pertamanya, yang letaknya dibagian atas keyboard. Iya, karena nama ini di-notice duluan sama orang pas mau ngetik.

Bukan Sulap, Bukan juga Sihir.. Tapi dengan Pengaturan Acaknya Om Sholes, akhirnya kita bisa ngetik dengan tenang, ngga khawatir nyangkut lagi...
Bukan Sulap, Bukan juga Sihir.. Tapi dengan Pengaturan Acaknya Om Sholes, akhirnya kita bisa ngetik dengan tenang, ngga khawatir nyangkut lagi…

Ternyata bisa memudahkan komunikasi untuk telegraf juga!

Meskipun begitu, ada sebuah temuan lain yang menjelaskan bahwa susunan keyboard “qwerty” ternyata dibuat untuk memudahkan komunikasi dari telegraf, yang berbentuk kode morse. Susunan alfabet biasa, dianggap sulit digunakan untuk menerjemahkan kode morse, sehingga kemudian akhirnya dikembangkanlah susunan keyboard “qwerty” yang terus digunakan hingga sekarang.

Keyboard Qwerty ini juga bisa ngemudahin komunikasi lewat telegraf. Buat telegraf aja mudah, ngga komunikasi lewat yang lain!
Keyboard Qwerty ini juga bisa ngemudahin komunikasi lewat telegraf. Buat telegraf aja mudah, ngga komunikasi lewat yang lain!

Akhirnya, terjawab sudah kenapa keyboard kita bentuknya itu Qwerty, bukan yang lain. Sebenarnya ada keyboard jenis lain, misalnya kaya Dvorak. Tapi, keyboard Qwerty udah paling teruji kemudahannya, dan udah dipake secara umum, ya makanya sampe sekarang kita tetep make keyboardnya. Meskipun kemunculan keyboard ini berawal dari mesin ketik. Walaupun, udah ngga pake mesinnya lagi, kita kan tetep ngetik buat nge-chat pacar, temen, mama-papa dirumah, atau siapapun.. Makanya keyboard Qwerty ini paling akrab sama kita.

Jadi, mulai sekarang, perhatikan baik-baik keyboard anda, karena dibalik urutan tersebut, ternyata terdapat sejarah panjang didalamnya!