Kata Pakar, 5 Gejala Penyakit Stroke Ini Bisa Muncul di Usia Muda!

Kata Pakar, 5 Gejala Penyakit Stroke Ini Bisa Muncul di Usia Muda!

Kata Pakar, 5 Gejala Penyakit Stroke Ini Bisa Muncul di Usia Muda!

AGEN CASINO – Kata Pakar, 5 Gejala Penyakit Stroke Ini Bisa Muncul di Usia Muda!
Menurut Andrew Stemer, MD, direktur program penyakit stroke di MedStar Georgetown University Hospital, stroke iskemis adalah tipe penyakit stroke paling umum yang menyerang, dengan jumlah kasus mencapai 80-90% dari keseluruhan kasus stroke yang muncul. Stroke iskemis ini sendiri muncul ketika ada penyumbatan oleh kolesterol di pembuluh darah kita, sehingga alirah darah menjadi terganggu dan otak tidak mendapat suplai oksigen yang cukup.

Nah, sementara kebanyakan dari kita berpikir bahwa penyakit ini hanya menyerang orang-orang yang usianya di atas 65 tahun, ternyata kenyataannya tidak begitu. Seperti dikutip dari Prevention, sekitar 10% kasus penyakit stroke ternyata terjadi pada mereka yang usianya di bawah 45 tahun. Lebih lanjut lagi, ternyata perempuan berisiko lebih tinggi terkena penyakit stroke dibanding pria!

Menurut the American Heart Association, setiap tahunnya ada lebih dari 100 ribu perempuan berusia di bawah 65 tahun yang terkena stroke. Artinya, kini semakin tinggi saja angka penderita penyakit ini dan semakin muda saja usia pengidapnya!

Agar kita semua bisa waspada, yuk, kita simak lima gejala penyakit stroke yang bisa menyerang di usia muda berikut ini!

1. Merasa mati rasa di salah satu sisi tubuh Anda
Ini adalah salah satu gejala paling umum penyakit stroke, yang membuat orang yang terserang penyakit ini merasa mati rasa atau tidak bisa merasakan anggota Anda sendiri. Biasanya juga yang paling kentara adalah mati rasa di lengan dan kaki, juga sebelah sisi wajah Anda juga akan terasa  terkulai.

2. Kesulitan berbicara
Gejala penyakit stroke yang lain adalah kesulitan bicara. Namun Andrew Stemer juga menyebutkan bahwa kita perlu mencari tahu lagi apakah ini hanya terjadi secara parsial atau hanya ketika kita mengucapkan kata-kata tertentu, atau memang kesulitan bicara dan memahami yang orang lain katakan secara komprehensif. “Kalau rasanya Anda mengalami hal yang tidak biasa, minta bantuan medis sesegera mungkin,” sarannya.

3. Mengalami sakit kepala yang parah
Gejala ini lebih besar kemungkinannya untuk muncul pada penyakit stroke hemoragik, ketika pembuluh darah di dalam otak pecah. Akibatnya terjadi pendarahan di dalam jaringan otak atau di sekitar permukaan organ tersebut. Stroke hemoragik menyerang hanya 10-15% orang dari keseluruhan kasus stroke yang terjadi, tetapi penyakit ini menyebabkan tingkat kematian yang lebih tinggi.

4. Kehilangan penglihatan
Penglihatan Anda mungkin menjadi kabur atau bahkan menghitam, baik pada satu mata atau bahkan kedua mata Anda. Menurut  Andrew Stemer ini terjadi ketika bola mata dan saraf optik baik-baik saja, tetapi bagian otak yang memproses penglihatan kita itu mengalami kerusakan atau gangguan.

Bukan cuma tak jelas seperti mata minus, tetapi kehilangan penglihatan

5. Mengalami gejalanya tiba-tiba atau berbarengan
Penanda paling umum penyakit stroke adalah ketika seseorang mengalami gejala-gejala di atas secara bersamaan. Semua gejala di atas yang dialami berbarengan atau juga secara tiba-tiba harus segera diberi pertolongan medis. Namun, meski gejalanya berlangsung secara cepat, tidak semua yang mengalaminya harus selalu dirawat di ruang gawat darurat.

***

Nah, itu tadi 5 tanda penyakit stroke yang bisa muncul di usia yang lebih muda yang patut kita waspadai. Saran lainnya, selain mulai menggeser gaya hidup ke arah sehat lewat menjaga pola makan dan berolahraga, kita juga harus rutin memeriksakan diri. Tujuannya agar penyakit-penyakit berbahaya bisa terdeteksi segera dan mendapat perawatan medis yang dibutuhkan sesegera mungkin.