Kamu Pejuang Insomnia Sejati? Ini Cara Ampuh biar Bisa Cepat Tidur!

Kamu Pejuang Insomnia Sejati? Ini Cara Ampuh biar Bisa Cepat Tidur!

Kamu Pejuang Insomnia Sejati? Ini Cara Ampuh biar Bisa Cepat Tidur!

Kamu Pejuang Insomnia Sejati? Ini Cara Ampuh biar Bisa Cepat Tidur!

Klik di sini – Sepertinya hampir tidak mungkin kalau di dunia ini ada orang yang sama sekali tidak pernah mengalami fenomena kesulitan tidur. Pasalnya, dalam beberapa waktu, tidur bisa menjadi salah satu hal paling sulit meskipun kedengarannya sangat mudah. Praktis, insomnia bisa jadi makanan kamu setiap malam.

Dengan demikian, banyak orang yang mencari cara untuk mengetahui bagaimana caranya bisa tidur dengan cepat. Jika seperti ini kondisinya, maka tidur dengan cepat menjadi idaman banyak orang. Berikut beberapa strategi efektif yang bisa kamu terapkan sebelum tidur agar kamu bisa dapat terlelap dengan cepat!

1. Jangan berusaha terlalu keras

Melansir Healthline, kamu tidak boleh terlalu keras memaksakan diri kamu untuk tidur. Bagaimana tidak, kalau kamu berusaha terlalu keras, maka yang ada kamu akan gelisah dan menjadi tegang.

Padahal, kunci utama dari tidur adalah kamu harus rileks. Jika tidak rileks, pikiran kamu akan terus terjaga sehingga tidur hanyalah bayangan belaka.

2. Pastikan kasur kamu memiliki keempukan yang pas

Selain itu, kamu juga harus memastikan kalau tempat tidur kamu punya keempukan yang pas, demikian dilansir dari Amerisleep. Usut punya usut, rupanya tiap orang memiliki kebutuhan kasur yang berbeda, mulai dari kelembutan hingga tingkat keempukannya. Oleh karena itu, kasur juga berperan penting terhadap seberapa cepatnya kamu tidur.

3. Bikin suasana kamar kamu jadi gelap dan dingin

Para peneliti mengungkapkan kalau suhu yang dingin dan kegelapan total merupakan suasana paling ideal untuk tidur. Untuk itu, kamu perlu mematikan lampu kamar, dan menyalakan AC supaya suhu kamar kamu menjadi dingin.

Matikanlah lampu kamar setidaknya 30 menit sebelum tidur. Hal ini menjadi penanda kepada tubuh kamu agar bisa segera tidur.

4. Mandi air hangat

Sebagai penunjang biar kamu bisa cepat terlelap, kamu perlu mandi air panas dua jam sebelum pergi tidur. Mandi air hangat diperlukan lantaran bisa membuat suhu tubuh kamu menurun, di mana suhu tubuh yang rendah membuat kamu jadi cepat tidur. Sementara itu, kebanyakan orang yang insomnia kebanyakan memiliki suhu tubuh yang tinggi di malam hari sehingga mengalami kesulitan dalam tidur.

5. Makan makanan karbohidrat

Ternyata, sekadar memakan makanan karbohidrat juga bisa membantu kamu untuk tidur loh. Oleh karena itu, pastikan makan malam kamu mengandung makanan seperti kentang, roti, dan nasi.

Di antara ketiga makanan itu, utamakan nasi dulu, karena nasi menjadi karbohidrat yang paling mudah dicerna. Adapun kamu harus melakukan makan malam ini empat jam sebelum tidur.