Jangan Buang Kulit Pisang, Bisa jadi Obat Gatal hingga Pupuk

Jangan Buang Kulit Pisang, Bisa jadi Obat Gatal hingga Pupuk

Jangan Buang Kulit Pisang, Bisa jadi Obat Gatal hingga Pupuk

Jangan Buang Kulit Pisang, Bisa jadi Obat Gatal hingga Pupuk

Tamantoto Prediksi HK – Setiap kita mengonsumsi buah pisang, Anda tentu akan mengupas kulitnya dan membuangnya di lokasi sampah. Tunggu dulu, tidak boleh buru-buru melemparkan kulit pisang yang telah dikupas sebab ternyata terdapat sekian banyak manfaat yang sayang andai tidak digunakan.

Manfaat kulit pisang beragam, mulai dari guna perawatan kulit hingga mengkilapkan dagangan di rumah. Meskipun tampak dan tersiar absurd, namun kulit pisang tidak riskan dan bisa dikonsumsi atau bahkan diubah menjadi teh.
Penasaran dengan guna kulit pisang? Berikut ialah beberapa manfaatnya yang mengejutkan.

1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Kulit pisang ditemukan dapat mengatasi bakteri A.actinomycetemcomitans dan P.gingivalis yang dapat merangsang penyakit gigi dan gusi, berupa gingivitis dan peridontitis.

Berdasarkan studi, sejumlah orang mulai mengoleskan kulit pisang pada gigi masing-masing harinya untuk mengawal kesehatan gigi dan gusi.

2. Perawatan kulit

Kulit pisang kaya bakal antioksidan dan antimikroba serta berisi senyawa antiradang yang bisa memberikan sekian banyak manfaat guna kulit. Memang belum ada riset yang meyakinkan manfaatnya untuk kulit. Namun mengoleskan kulit pisang pada tubuh dipercayai dapat memutihkan dan melembapkan kulit, meminimalisir keriput dan kantong mata, serta menghilangkan bekas jerawat.

3. Sebagai bantuan kesatu

Kandungan antiradang, antimikroba, dan antioksidan pada kulit pisang membuatnya diandalkan mampu meringankan rasa gatal dampak tersengat matahari atau digigit serangga.

Di samping itu, menempatkan kulit pisang pada wilayah kulit yang tertusuk serpihan sekitar 15 menit dipercayai dapat menolong untuk menerbitkan serpihan tersebut.
Bahkan, guna yang diandalkan lainnya ialah untuk menanggulangi sakit kepala dengan teknik menaruh kulit pisang yang dibekukan di atas dahi dan belakang leher.

Namun, guna tersebut di atas belum terbukti secara ilmiah dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Baik guna rambut

Manfaat kulit pisang lainnya ialah melembutkan dan menciptakan rambut lebuh berkilau. Ini didasarkan dari kandungan antioksidannya yang dapat mencegah radikal bebas. Oleh karenanya, sejumlah orang memakai kulit pisang sebagai bahan alami guna masker rambut. Meskipun demikian, guna kulit pisang terhadap kesehatan rambut masih mesti diuji terlebih dahulu.

5. Pupuk alami

Suka bercocok tanam? Gunakanlah kulit pisang sebagai pupuk alami dengan teknik menambahkannya ke dalam tanah di tanaman ataupun mencampurkannya ke dalam air untuk diguyur ke tanaman.

Anda pun dapat memakai kulit pisang guna memancing kupu-kupu ataupun meletakkannya di bawah semak-semak bunga mawar untuk mengenyahkan hama.

Bila kita tertarik guna mengonsumsi kulit pisang, Anda dapat mengolahnya supaya lebih gampang dikonsumsi daripada langsung memakannya begitu saja. Tetapi sebelumnya, tidak jarang kali cuci kulit pisang terlebih dulu guna membilas pestisida yang barangkali disemprotkan pada buah.

Kulit pisang dari buah pisang yang telah matang lazimnya lebih manis dan tipis daripada kulit pisang pada buah pisang yang belum terlampau matang.

Anda bisa mengukus, menggoreng, ataupun memasukkan kulit pisang bareng buah-buahan lainnya ke dalam blender. kita juga dapat merebusnya guna dijadikan teh.