Intip Kisah di Balik Kesuksesan Shroud, Bintang CS:GO

Intip Kisah di Balik Kesuksesan Shroud, Bintang CS:GO

Intip Kisah di Balik Kesuksesan Shroud, Bintang CS:GO

Intip Kisah di Balik Kesuksesan Shroud, Bintang CS:GO

Siapa yang bilang kalau main game enggak akan sukses? Buktinya salah satu streamer Twitch yang akan kita bahas kali ini justru mendulang kesuksesannya dari bermain game. Berawal dari kegemaran bermain video game, membuat nama Shroud menjadi besar dan dikenal hampir di seluruh dunia. Shroud juga mempunyai posisi tersendiri bagi para pemain game Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), karena dari situlah titik balik hidupnya berlangsung.

Memang butuh integritas dan konsistensi yang tinggi untuk mendapatkan kesuksesan yang telah diraih oleh Shroud. Keberhasilan yang telah dicapainya pun enggak didapat secara instan. Butuh waktu bertahun-tahun bagi seorang Shroud  untuk menjadi streamertersukses di Twitch saat ini

Dari segi bisnis, komunitas di Twitch mulai berkembang  sejak 2014 lalu. Hal ini sangat menjanjikan bagi orang yang ingin meraup pundi-pundi penghasilan melalui platformyang diluncurkan sejak 2011 lalu. Dari jejeran nama besar yang berdikari seperti Dr. Disrespect, Just9 (Ninja) dan Mrbeast, ada satu nama yang menjadi sorotan para pencinta game FPS, yaitu Shroud.

Shroud mengawali karir sebagai seorang streamergame CS:GO pada tahun 2011. Pria dengan nama asli Michael Grzesiek ini hanya memiliki satu viewerssepanjang tahun dan itu pun akun lain yang dibuat sendiri olehnya. Seiring berjalannya tahun, Shroud mulai memiliki viewersdan akhirnya karirnya mulai menanjak naik. Berkat kemampuannya yang sangat baik, Shroud dianggap sebagai salah satu pub star di CS:GO.

 

Bersama Exertus esports dan Manajuma

Via Istimewa

Menjadi streamerselama dua tahun di Twitch ternyata membawa Shroud pada dimensi esportsyang lain. Awalnya, hanya bermain iseng-iseng, akhirnya Shroud dilirik oleh tim semi-profesional CS:GO, Exertus esports dan Manajuma sekitar tahun 2013 hingga 2014. Dari sini, debut seorang Shroud sebagai pemain CS:GO di kancah kompetitif esports dimulai.

Bersama dengan Exertus esports, Shroud menjalani regular season pertamanya pada gelaran ESEA 2013. Belum ada prestasi yang dapat diraih oleh Shroud bersama dengan tim ini. Kemudian, dia pindah menjadi salah satu roster dari tim Manajuma pada awal tahun 2014 dan menjalani reguler season pada gelaran yang sama. Dari sini, Shroud mulai mendapatkan sorotan para penggemar game CS:GO berkat kemampuannya.

[irp posts=”18902,13255″]

 

Tahun 2014 Jadi Titik Balik Shroud di Dunia  Esports.

Via Istimewa

Tepat seminggu setelah regular season 2014 ESEA berakhir, Shroud dilirik oleh salah satu tim besar CS:GO, CompLexity. Kemudian dia bergabung di dalam tim tersebut menyandang status stand-inhingga paruh musim. Meskipun begitu, tetap saja hal ini menjadi salah satu momen bersejarah bagi Shroud dapat masuk ke dalam bagian tim profesional.

Berkat hasil yang kurang memuaskan, seluruh roster CompLexity dilepas hingga nantinya, Shroud bergabung dengan Cloud9. Pada 1 Agustus 2014 Shroud mendapatkan posisi sebagai pemain utama di dalam skuat. Berperan sebagai support,  Shroud tampil gemilang bersama Jordan “n0thing” Gilbert dan kawan-kawan hingga menempati posisi pertama pada ESL ESEA Pro League Season1 pada 2015. Hingga 2017, Shroud berhasil menjuarai beberapa turnamen bergengsi lain seperti ESL Pro League Season 4dan Americas Minor Championship 2017.

 

Memilih Hengkang dari Cloud9 dan Kembali Menjadi Streamer

Via Istimewa

Meskipun enggak lagi mengikuti gelaran tunamen bersama Cloud9, Shroud tetap menjadi bagian tim dengan menjadi mentor bagi roster baru, Stewie2K dan Automatic. Hal ini dilakukannya sebagai rasa terima kasih kepada Cloud9 yang sudah membuat namanya bersinar di dunia CS:GO. Tidak bisa dipungkiri, tim asal Amerika Utara ini memiliki peran besar di dalam hidup Shroud.

Pada April 2018 akhirnya Shroud resmi mundur dari liga profesional CS:GO dan kembali ke asalnya menjadi seorang streamer. Keputusan ini ia ambil setelah menyelesaikan turnamen ESL One 2017. Kabar yang menghebohkan ini mendapatkan  berbagai komentar negatif dari fans Cloud9 maupun komunitas CS:GO lain. Meskipun begitu, ia tetap berpegang teguh pada keputusannya dan tetap memilih mundur dari liga profesional CS:GO.

[irp posts=”3701,14835″]

 

Akhir 2018 Hingga Sekarang

Via Istimewa

Shroud menjalani hari-harinya sebagai seorang streamerdengan pendapatan mencapai lebih dari USD 100.000 per bulan. Dari segi bisnis, keputusannya untuk hengkang dari Cloud9 dan kembali menjadi streamerdirasa sangat tepat. Menyandang gelar mantan pemain profesional memudahkan Shroud untuk meraup keuntungan dari Twitch. Pada Oktober 2018, viewersshroud mencapai 47.534 dan berhasil menempati posisi tiga teratas top 5 streamerdi Twitch. Bahkan PlayerUnknown’s Battle Ground memberi signature set khusus untuk Shroud.

Dengan bermain game, nama Shroud menajdi besar di kalangan para gamer. Akan tetapi, pencapaian yang dia dapatkan sekarang enggak diraih dengan mudah. Stigma buruk orang lain terhadap gamer tidak menyurutkan kecintaannya terhadap dunia tersebut. Konsistensi untuk terus bermain game dan mengembangkan kemampuannya membuat Shroud menjadi seorang jutawan dan memiliki banyak penggemar.

***

Menjadi seorang streamerkecil menjadi awal karir bagi Shroud, bertahun-tahun dia menggeluti dunia  tersebut dengan harapan suatu saat kemampuannya akan dilirik oleh para elit jagat CS:GO. Seiring berjalannya waktu, berbagai kendala yang dia hadapi sebagai seorang pemain profesional membuatnya mundur dan kembali menjadi seorang streamer.

Bagaimana pendapat kalian tentang streamer dan salah satu pemain esports CS:GO yang satu ini? Apakah kalian punya idola lain yang menjadi insipirasi kalian? Jangan sungkan untuk sharedi kolom komentar. Siapa tahu, idola kalian bisa KINCIRbahas pada artiker selanjutnya.