Ini Lho Bahan Makanan yang Perlu Dicuci dan Tidak .

Ini Lho Bahan Makanan yang Perlu Dicuci dan Tidak .

Ini Lho Bahan Makanan yang Perlu Dicuci dan Tidak .

Ini Lho Bahan Makanan yang Perlu Dicuci dan Tidak .

Biasanya kita membasuh bahan-bahan makanan sebelum memasaknya. Seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, dan sebagainya.

Namun, ternyata tak semuanya bahan makanan mesti dibersihkan lho. Ada sejumlah bahan yang kalau dibersihkan justru buat kuman menyebar dan membahayakan tubuh. Apa saja ya?

1. Beras mesti dibersihkan 2-3 kali

Beras yang dibersihkan akan menghasilkan nasi yang lebih lembut. Kalau tidak dicuci, nasi bakal lebih keruh dan rasanya tak enak. Apalagi bila ada kotoran-kotorannya kayak kerikil dan kutu, kan? Hih!

2. Sebaiknya tak membasuh telur
Mencuci telur melulu akan mengakibatkan kontaminasi silang, sehingga mengakibatkan bakteri atau kuman menyebar satu sama lain. Oleh sebab itu, anda tidak butuh mencucinya.

3. Tak perlu membasuh pasta

Pasta yang dibersihkan akan mengakibatkan pati hilang. Hal ini akan menyebabkan saus yang seharusnya menempel sempurna jadi gagal. Selain tersebut juga bakal memengaruhi rasa.

4. Kalau buah dan sayuran memang mesti dibersihkan ya
Kamu lumayan mencuci dengan air yang mengalir, tidak perlu memakai sabun. Pasalnya, sabun melulu akan menciptakan kulit sayuran dan buah jadi keropos dan terkontaminasi dengan kandungan detergennya.

5. Kacang kalengan mesti dibersihkan ya
Alasannya guna menghilangkan residu asin. Kalau kamu hendak menumisnya, keringkan dulu sesudah mencucinya. Jadi tidak boleh langsung dimasak ya!

6. Lebih baik membasuh kaleng minuman sebelum meminumnya

Kita tidak pernah tahu seberapa tidak sedikit kotoran yang menempel pada kaleng, mulai dari proses pengepakan sampai di toko. Kalau kewalahan mencuci, kamu dapat gunakan tisu basah guna mengelap unsur yang dipakai untuk meminum.

Nah, kini sudah tahu, kan makanan apa saja yang butuh dan gak butuh dicuci? Hayoo…masih suka salah yang mana nih?