Ingin Turunkan Kadar Kolesterol Jahat? Konsumsi 5 Buah-buahan Ini!

Ingin Turunkan Kadar Kolesterol Jahat? Konsumsi 5 Buah-buahan Ini!

Ingin Turunkan Kadar Kolesterol Jahat? Konsumsi 5 Buah-buahan Ini!

Ingin Turunkan Kadar Kolesterol Jahat? Konsumsi 5 Buah-buahan Ini!

TOGEL HONGKONG – Penyakit jantung salah satu penyebab utama kematian di dunia. Kondisi ini disebabkan oleh kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.

Tetapi, kolesterol baik (HDL) yang rendah dan trigliserida tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Dalam hal ini, pola makan berdampak besar pada kadar kolesterol tinggi maupun rendah. Karena itu, Anda bisa mengonsumsi beberapa buah-buahan yang dianggap bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Melansir dari ND TV, berikut ini 5 buah-buahan segar yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

1. Alpukat

Alpukat sangat dianjurkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Karena, alpukat sumber antioksidan yang kaya vitamin K, C, B5, E dan lemak tak jenuh.

Kandungan tersebut bisa membantu menjaga jantung tetap sehat dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, alpukat juga bisa mengatur kadar kolesterol LDL, HDL dan trigliserida darah

2. Tomat

Tomat termasuk golongan buah kaya vitamin A, B, K dan C, yang bagus untuk mata, kulit dan jantung Anda. Tomat juga kaya kalium yang bagus untuk kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko stroke.

3. Apel

Apel adalah buah yang sangat bermanfaat untuk kulit dan pencernaan. Ternyata apel juga bisa membantu mengatur kadar kolesterol. Kandungan serat pektin dalam apel membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan memperlambat oksidasi.

Seperti yang diketahui 2 hal itu merupakan faktor risiko atherosclerosis dengan tanda-tanda arteri mengeras. Selain itu, kandungan polifenol juga menjaga kesehatan jantung dan mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan otot jantung serta pembuluh darah.

4. Jeruk

Golongan buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk bali juga bisa mengontrol kadar kolesterol jahat yang tinggi. Karena, buah jeruk mengandung hesperidin yang bisa mengurangi gejala hipertensi, senyawa pektin (serat) dan limonoid.

Selain itu, jeruk juga memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan mengurangi kolesterol LDL di darah. Bahkan kandungan flavon antioksidan bisa menurunkan risiko stroke pada wanita.

5. Pepaya

Pepaya sebagai buah kaya serat dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu buah pepaya memiliki sekitar 13 hingga 14 gram serat, yang merupakan jumlah layak. Karena, serat juga memastikan pencernaan lebih lancar, menambah kotoran ke tinja dan melancarkan buang air besar.