Gejala Maag Kronis Bisa Mengakibatkan Kematian, Jangan Disepelekan

Gejala Maag Kronis Bisa Mengakibatkan Kematian, Jangan Disepelekan

Gejala Maag Kronis Bisa Mengakibatkan Kematian, Jangan Disepelekan

Gejala Maag Kronis Bisa Mengakibatkan Kematian, Jangan Disepelekan

Penyakit maag seringkali dianggap penyakit ringan, tah heran jika banyak yang mengabaikannya. Padahal, penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan berakibat fatal di kemudian hari.

Hingga hari ini, banyak masyarakat yang tidak paham mengenai penyakit maag. Umumnya maag hanya dianggap sebagai penyakit lambung yang disertai dengan rasa sakit di bagian kanan perut. Banyak orang yang menganggap sepele akan penyakit maag, karena biasanya penyakit maag bisa ditangani sendiri tanpa harus menemui dokter.

Padahal penyakit maag yang tidak mendapatkan penanganan yang serius bisa berkembang menjadi penyakit maag kronis. Tentu saja gejala maag kronis ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya.

Sakit maag kronis yaitu adanya gangguan pada pencernaan yang disebabkan oleh peradangan pada dinding lambung. Peradangan tersebut akan muncul secara perlahan dan kemudian berkembang dalam jangka waktu yang lama. Berikut gejala maag kronis yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/2/2019).

Gejala Maag Kronis

Sebetulnya orang yang terkena penyakit ini sering tidak merasakan gejala sedikit pun sampai akhirnya ia didiagnosis. Tapi kamu harus waspada jika mengalami gejala seperti berikut ini:

  • Perut terasa kembung
  • Nyeri pada perut bagian atas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Berat badan menurun

 

Melihat gejala maag kronis di atas diharapkan kita harus selalu waspada, terlebih lagi jika gejala tersebut dibiarkan bisa mengakibatkan komplikasi, seperti:

1. Gastritis Astrofi

Gejala maag kronis ini adalah proses di mana kondisi sudah parah dan berkembang. Penyakit yang terbentuk ketika terjadi peradangan di dinding lambung yang membuat kelenjar pada lapisan dinding menghilang. Jika seseorang menderita Gastritis Astrofi, maka ia akan kekurangan vitamin B12 dalam tubuhnya.

2. Tukak Lambung

Gejala maag kronis ini menimbulkan rasa nyeri pada lambung. Hal ini disebabkan oleh dinding lambung dan usus 12 jari yang rusak akibat peradangan atau luka.

3. Anemia

Gejala maag kronis kondisi lambung yang semakin parah akan menyebabkan pendarahan hebat dan keluar banyak darah, sehingga bisa mengakibatkan anemia.

4. Kanker

Gejala kanker lambung bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati, merusak pencernaan dan lain-lain. Gejala maag kronis perlu diwaspadai karena sudah berubah menjadi kanker yang bisa saja menyebabkan kematian.

Jenis Maag Kronis Berdasarkan Penyebabnya

Maag kronis bisa dibedakan menjadi tiga berdasarkan penyebabnya, yakni:

· Tipe A

Maag kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh kamu yang menghancurkan sel-sel lambung. Maag kronis tipe ini dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin, anemia, bahkan kanker.

· Tipe B

Ini adalah tipe yang paling umum dan maag jenis ini disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Kondisi ini dapat menyebabkan tukak lambung, tukak usus, dan kanker lambung.

· Tipe C

Kondisi ini disebabkan oleh penggunaan obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) dan konsumsi minumam beralkohol jangka panjang. Maag kronis tipe ini bisa menyebabkan erosi atau terkikisnya dinding lambung serta pencernaan.

· Giant Hypertrophic Gastritis dan Gastritis Eosinofilik

Giant hypertrophic gastritis berkaitan dengan kekurangan protein, sedangkan gastritis eosinofilik bisa terjadi bersamaan dengan kondisi alergi seperti asma atau eksim.

Cara Mengatasi Maag Kronis

Perlu diketahui jika kamu adalah penderita maag kronis, usahakan harus bisa menjaga pola makan yang benar. Jangan sampai kamu salah dalam memilih jenis makanan, karena kesehatan lambung tergantung dari makanan yang dikonsumsi.

Untuk kamu yang tidak suka meminum obat-obatan kimia, ada juga obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi maag kronis. Contohnya dengan kunyit, jahe, kencur, mentimun, dan cincau. Beberapa tanaman tersebut nampaknya memang sering digunakan oleh sebagian masyarakat untuk mengobati penyakit ini.

Obat tradisional masih selalu digunakan, mungkin karena tanpa efek samping dan bahan mudah dicari. Selain itu juga biaya lebih terjangkau ketimbang harus membeli obat-obatan kimia.

Selain cara obat tradisional, pemakaian obat herbal juga bisa menjadi pilihan lain. Keuntungannya sama seperti obat tradisonal karena memang bahan obat herbal adalah tumbuhan yang bilamana dikonsumsi dalam jangka panjang akan jauh lebih aman.

Jenis Pengobatan Sakit Maag dari Dokter

· Antasida sebagai penetralkan asam lambung agar normal

· Antagonis reseptor H2 (H2RA) juga berfungsi sebagai penetral asam lambung selain antasida

· Obat penghambat pompa proton (PPI), jenis alternatif lain untuk meminimalkan produksi kadar asam lambung.

· Alginat untuk mengurangi rasa nyeri akibat refluks asam lambung.

· Antibiotik untuk menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori.

· Prokinetik sebagai pereda nyeri dan menetralkan proses pencernaan

· Obat antidepresan sebagai pereda rasa nyeri

Obat di atas karena fungsinya sebagai penetral fungsi lambung maka cukup dikonsumsi saat masih ada keluhan dan sebaiknya dihentikan jika sudah sembuh kecuali untuk antibiotik yang harus diminum sampai habis.

Pencegahan Maag agar Tidak Kambuh Kembali

Sakit maag termasuk jenis penyakit yang mudah kambuh karena lambung biasanya sensitif terhadap pola makan dan juga menu yang dimakan. Untuk mengantisiasi hal ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah sebagai berikut:

· Hindari kafein atau alkohol (pahami juga apakah sakit maag disebabkan oleh kedua zat ini atau bukan).

· Pola makan teratur dan kurangi makanan-makanan yang sensitif terhadap lambung

· Idealnya makan dalam porsi sedang/kecil namun sering jika sudah pernah sakit maag, bisa empat atau lima kali sehari dengan porsi masing-masing yang lebih sedikit.

· Hindari rasa was-was dan juga stres. Bantuan psikiater bisa diperlukan jika mendesak atau tidak bisa diatasi dengan relaksasi biasa.