Gagal Kalahkan Napoli, Liverpool Terancam Tak Lolos 16 Besar UCL

Gagal Kalahkan Napoli, Liverpool Terancam Tak Lolos 16 Besar UCL

Gagal Kalahkan Napoli, Liverpool Terancam Tak Lolos 16 Besar UCL

Gagal Kalahkan Napoli, Liverpool Terancam Tak Lolos 16 Besar UCL

Tamantoto Prediksi HK – Liverpool gagal meraih kemenangan atas Napoli di matchday kelima fase grup Liga Champions pada Kamis dini hari (28/11). Bermain di Anfield, The Reds hanya bermain imbang 1-1. Napoli mampu unggul lebih dulu melalui gol Dries Mertens di menit ke-21, sebelum disamakan Dejan Lovren pada menit 65.

Dengan hasil ini Liverpool sebenarnya masih tempati posisi puncak grup E, namun mereka terancam tak bisa lolos ke babak selanjutnya. Kenapa? Berikut alasannya.

1. Jurgen Klopp: Napoli merasa sudah lolos

Liverpool memang mendominasi sepanjang laga dengan 72 persen penguasaan bola. Mereka pun unggul dalam jumlah peluang dengan 15 tendangan ke arah gawang lawan, berbanding hanya empat milik Napoli.

Meski demikian, Napoli mampu bermain efektif dengan pertahanan yang kokoh. Hal ini pun diakui oleh pelatih The Reds, Jurgen Klopp yang menilai Napoli sangat menyulitkan. Kondisi ini pun membuat Liverpool dalam kondisi rumit.

“Di ruang ganti Napoli, mereka merasa sudah lolos, dan mungkin memang demikian,” ujar Klopp kepada BT Sport.

“Semua orang di sini berpikir, ‘Oh Tuhan, ini akan sulit’ dan memang akan sulit, itu sudah pasti. Bagaimana Napoli bermain, tidak membantu kami ketika mereka mencetak gol, mereka bisa menjalankan strategi mereka sepanjang waktu, sementara kami harus terus meningkatkan tekanan.”

2. Persaingan grup E sangat ketat

Gagal Kalahkan Napoli, Liverpool Terancam Tak Lolos 16 Besar UCLnnu.ng
Dengan hasil ini, Liverpool mengumpulkan 10 poin, diikuti Napoli di posisi kedua dengan selisih dua angka. Di laga lainnya, RB Salzburg berhasil membantai Genk dengan skor 1-4. Sehingga menjaga asa mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Saat ini Salzburg tempati posisi ketiga dengan tujuh poin. Dengan satu laga tersisa, matchday terakhir akan menjadi penentuan dua tim yang akan lolos ke babak selanjutnya.

3. Liverpool bakal jalani laga hidup mati melawan RB Salzburg

Di laga fase grup terakhir, Liverpool bakal bertandang ke Austria jalani laga hidup mati melawan RB Salzburg pada 11 Desember nanti. The Reds haram untuk kalah jika ingin pastikan lolos ke babak selanjutnya.

Sedangkan Napoli hanya akan melawan Genk, yang merupakan tim terlemah di grup E. Namun sebelum jalani laga hidup mati itu, Liverpool bakal terlebih dulu dihadapkan dengan jadwal ketat. Dalam seminggu, mereka akan jalani tiga laga Liga Inggris.

Yaitu menghadapi Brighton di Anfield (30/11), Everton (5/12) dan bertandang ke Bournemouth (7/12). Jurgen Klopp pun harus memeras otak untuk menjaga kondisi fisik dan mental pemainnya demi pertahankan gelar UCL.

4. Syarat Liverpool lolos ke 16 besar

Setiap kemungkinan bisa saja terjadi dalam sepak bola. Dan bagi Liverpool terdapat beberapa kemungkinan agar bisa lolos ke fase 16 besar. Yang pertama tentunya mereka memenangi laga atau imbang atas Salzburg, sehingga Liverpool bisa lolos bersama Napoli.

Namun jika pun Liverpool kalah, maka mereka masih bisa lolos asalkan Napoli juga kalah di tangan Genk. Sehingga Liverpool dan Salzburg yang berhak lolos ke babak selanjutnya. Sejatinya Salzburg hanya butuh kemenangan 1-0 atas Liverpool, sehingga pada akhirnya poin kedua tim akan sama,10 angka.

Namun Salzburg akan unggul head to head karena pada laga pertama di Anfield, mereka mampu cetak gol saat kalah 4-3. Dan jika pun Napoli imbang dengan Genk, ketiga tim akan memiliki poin 10, namun Liverpool pun kalah head to head dari Napoli.

5. Saatnya fokus dulu dengan Liga Inggris

Terlepas dari hasil Liga Champions yang belum memuaskan, Liverpool harus segera kembali fokus ke Liga Inggris. Akhir pekan ini mereka akan melawan tim papan tengah, Brighton.

Laga ini wajib dimenangkan untuk menjaga jarak atas pesaing-pesaingnya. Saat ini Liverpool kuasai Liga Inggris dengan keunggulan delapan poin dari Leicester City, dan menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan.