Cobain Cara Alami yang Ampuh Basmi Ketombe Ini, Gak Gatal Lagi deh!

Cobain Cara Alami yang Ampuh Basmi Ketombe Ini, Gak Gatal Lagi deh!

Cobain Cara Alami yang Ampuh Basmi Ketombe Ini, Gak Gatal Lagi deh!

 

Cobain Cara Alami yang Ampuh Basmi Ketombe Ini, Gak Gatal Lagi deh!

Ketombe ialah salah satu masalah rambut yang sangat umum terjadi. Dilansir dari Everyday Health masalah ini pada lazimnya diderita oleh orang berusia 20 tahunan.

Sebenarnya ketombe lebih menciptakan orang malu daripada kesakitan. Ini sebab munculnya serpihan-serpihan berwarna putih yang terlihat gampang kelihatan pada rambut. Tidak jarang ketombe pun rontok dan mencemari baju.

Walaupun lumayan sulit guna ditangani, bukan berarti ketombe tidak dapat disembuhkan. Ada sejumlah teknik alami yang siap untuk menolong membasminya. Simak keterangan berikut ini.

1. Tea tree oil
Tea tree oil ialah salah satu minyak yang sangat direkomendasikan guna menangani masalah ketombe. Minyak ini berasal dari tanaman semak-semak yang tidak sedikit di Australia. Dilansir dari Medical News Today, kandungan antiseptik di dalamnya dapat mengobati ketombe, jerawat, sampai infeksi bakteri dan jamur.

Berdasarkan keterangan dari penelitian dari PubMed Central di tahun 2018, orang yang berketombe memiliki tidak sedikit bakteri S. epidermidis di kulit kepalanya. Tea tree oil terbukti dapat mengontrol perkembangan bakteri tersebut. Bagi memakainya, kamu dapat menambahkan sejumlah tetes minyak ke dalam sampomu.

2. Minyak serai

Serai seringkali digunakan sebagai bahan penyedap oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata tumbuhan itu memiliki tidak sedikit manfaat beda terutama ketika diekstrak menjadi minyak.

Berdasarkan keterangan dari penelitian dari Complementary Medicine Research di tahun 2015, tonik rambut yang berisi minyak tersebut dapat mengurangi ketombe sejumlah 81 persen sesudah dua minggu. Kamu dapat mencari sampo yang mempunyai ekstrak minyak serai atau lumayan menambahkan sejumlah tetes ke dalam produk perawatan rambut yang anda pakai.

3. Lidah buaya

Lidah buaya ialah tumbuhan yang terkenal paling bagus guna rambut dan kulit. Ternyata gel yang terdapat di dalamnya pun ampuh guna menghilangkan ketombe lho. Ini sebab lidah buaya berisi zat antibakteri dan anti-jamur yang erat kaitannya dengan penyebab ketombe.

Di samping itu, menurut keterangan dari jurnal yang dipublikasikan oleh Iranian Journal of Medical Science di tahun 2019, tanaman tersebut dapat melembapkan kulit kepala, menyembuhkan luka, dan meminimalisir inflamasi. Cara pemakaiannya, kamu dapat langsung mengoleskan gel lidah buaya ke unsur kulit kepala yang bermasalah secara berkala.
Minyak kelapa ialah salah satu jenis superfood, atau makanan yang berisi tidak sedikit nutrisi yang berfungsi untuk kesehatan. Zat yang terdapat di dalamnya ternyata dapat mengurangi iritasi dan menangkal pertumbuhan jamur di kulit kepala.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu jenisĀ superfood, atau makanan yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Zat yang terkandung di dalamnya ternyata bisa mengurangi iritasi dan mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Untuk memakainya, kamu melulu perlu mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala yang bermasalah sebelum keramas. Tidak melulu meredakan ketombe, kamu pun akan menikmati rambutmu semakin sehat setelah pemakaian berkala.

4. Cuka apel
Cuka apel memang dikenal memiliki tidak sedikit manfaat kesehatan. Biasanya orang memakai cairan itu untuk meminimalisir berat badan, mengobati kencing batu, dan penyakit-penyakit lainnya. Namun ternyata cuka apel juga dapat digunakan untuk menolong menghilangkan ketombe.

Selain menerapkan cara-cara di atas, kamu juga harus menghindari hal-hal yang membuatmu stres ya. Ini karena ketombe akan semakin parah jika tubuh mengeluarkan banyak hormon stres kortisol.