Cegah Kerusakan, Ini 10 Cara Alami Merawat Gigi

Cegah Kerusakan, Ini 10 Cara Alami Merawat Gigi

Cegah Kerusakan, Ini 10 Cara Alami Merawat Gigi

Cegah Kerusakan, Ini 10 Cara Alami Merawat Gigi

Merawat gigi sangat urgen untuk menangkal gigi dari kerusakan. Cara sangat umum mengasuh gigi ialah dengan menyikat gigi atau memakai dental floss (benang gigi). Selain teknik tersebut, terdapat pula teknik alami dalam mengasuh gigi. Bagaimana caranya?

1. Hindari makanan terlampau manis

Makanan yang berisi olahan gula laksana permen, minuman memakai pemanis, dan makanan manis lainnya bakal menibulkan plak yang mengakibatkan munculnya karang gigi.

2. Minum teh hijau dan hitam

Teh dapat mengurangi lapisan plak gigi dan menolong menekan level bakteri dalam gigi. Tentu saja tidak butuh menambahkan gula di dalamnya sebab gula malah akan merusak gigi.

3. Konsumsi makanan yang baik guna kesehatan gigi

Beberapa makanan yang baik guna gigi ialah keju, kacang-kacangan, dan apel yang dapat memecahkan plak yang menempel di gigi. Makanan yang berisi serat tinggi pun membantu menambah produksi air liur yang adalahpelindung alami gigi.

4. Kunyahlah permen karet

Mengunyah permen karet menolong membersihkan kotoran yang menempel di gigi pun menstimulasi buatan air liur. Pilihlah permen karet dengan kadar gula rendah atau yang berisi xylitol. Xylitol dapat mengehentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut yang merangsang muncul zat asam yang mengakibatkan lubang pada gigi. Xylitol pun membuat bakteri semakin sulit mengejar tempat berlindung di sela-sela gigi.

5. Gunakan sedotan andai minum minuman berkarbonasi

Kandungan asam dalam minuman berkarbonasi paling merusak lapisan email gigi. Menggunakan sedotan akan mengurangi jumlah cairan yang tentang lapisan gigi.

6. Berkumur dengan minyak wijen sekitar 15-20 menit

Ini adalahteknik yang biasa diterapkan dalam penyembuhan kuno aryuveda untuk mencuci mulut dan gigi serta membunuh bakteri.

7. Banyak minum air putih

Air putih tidak melulu membantu mencuci mulut dari bakteri, tetapi sangat urgen untuk mengawal produksi air liur.

8. Bersihkan gigi dengan stroberi

Caranya dengan mencampurkan stroberi, baking soda, dan garam laut. Stroberi kaya bakal vitamin C, yang menolong menghancurkan plak. Buah ini pun berisi asam malat yang menolong membersihkan noda di gigi.

9. Tambahkan sejumlah tetes minyak cengkeh atau oregano di pasta gigi

Cengkeh dan oregano dapat menjadi antiseptik alami yang menangkal melebarnya lubang di gigi.

10. Buat pasta gigi sendiri dari baking soda dan lemon

Campuran baking soda dan lemon bakal menjadi pemutih alami guna gigi dan dapat membunuh bakteri. Meskipun mempunyai rasa asam, lemon mempunyai sifat basa yang bakal menyeimbangkan kadar ph dalam mulut.