Catalan Memanas, Laga El Clasico Diminta Pindah Stadion

Catalan Memanas, Laga El Clasico Diminta Pindah Stadion

Catalan Memanas, Laga El Clasico Diminta Pindah Stadion

Catalan Memanas, Laga El Clasico Diminta Pindah Stadion

Tamantoto Prediksi HK – Isu kebebasan Catalan sedang pulang memanas dan menimbulkan situasi yang tidak kondusif. Hal ini tampaknya dinilai akan dominan pada laga akbar El Clasico yang akan digelar 26 Oktober nanti.

Karena suasana tersebut berpotensi dapat mengganggu laga Barcelona melawan Real Madrid, pihak berwenang juga meminta supaya laga ini dipindahkan. Alasan ketenteraman menjadi karena laga tersebut diminta guna pindah ke Santiago Bernabeu. Berikut kisah lengkapnya.

1. Kontroversi hukuman aktivis pro kebebasan Catalan merangsang aksi

Permintaan pemindahan venue El Clasico sendiri diayunkan oleh Dewan Olahraga Spanyol (Menpora) sebab khawatir laga itu dijadikan panggung politik oleh politikus setempat bersangkutan kebebasan Catalan dari Spanyol.

Sebelumnya Mahkamah Agung Spanyol telah menyimpulkan untuk menghukum sembilan aktivis pro kebebasan Catalan. Hal ini pun merangsang aksi turun ke jalan dari rakyat Catalan, bahkan ancaman mogok kerja.

Di sisi lain, Barcelona dan semua fansnya beberapa besar adalahpendukung aksi kemederkaan Catalan. Laga Barcelona melawan Real Madrid sendiri lebih dari suatu laga sepak bola. Pertarungan dua-duanya pun sering dirasakan sebagai cerminan perlawanan Catalan terhadap pemerintah Spanyol. Cerdasbola

2. Sikap pemerintah Spanyol terhadap laga El Clasico

Kondisi ini pun menciptakan pemerintah Spanyol bereaksi melewati Dewan Olahraga supaya laga El Clasico jilid kesatu ini tidak diadakan di Camp Nou. Mereka meminta seluruh pihak supaya peka terhadap situasi politik yang sedang tak stabil.

“Karena menyaksikan situasi yang sekarang sedang berlangsung, kami percaya, bahwa La Liga dan RFEF [PSSI-nya Spanyol], tidak sensitif guna memainkan pertandingan tersebut seperti jadwal yang direncanakan,” ungkap Menpora Spanyol.

Pihak La Liga juga menawarkan supaya laga itu lebih dulu diadakan di markas Real Madrid, kemudian putaran kedua dilangsungkan di Camp Nou. Namun gagasan ini sendiri ditampik oleh kedua klub.

3. Alasan Barcelona dan Real Madrid menampik usulan pemindahan stadion

Barcelona dan Real Madrid sendiri informasinya menolak gagasan pemindahan stadion tersebut. Meski sepakat, dua-duanya memiliki dalil yang berbeda. Barcelona bersikukuh laga ini mesti dilangsungkan di Camp Nou.

Laga ketika melawan Las Palmas pada 2017 kemudian menjadi dalil mereka dapat tetap melangsungkan laga, sebenarnya saat tersebut sedang diselenggarakan referendum kebebasan Catalan. Laga ketika itu dapat tetap berlangsung usai dapatkan garansi keamanan dari kepolisian setempat.

Sedangkan Real Madrid berdalih jika jadwal laga mesti tetap sesuai laksana yang sudah direncanakan supaya kompetisi tetap berlangsung adil. Dan andai laga ini juga ditunda, bisa jadi laga akan dilangsungkan tengah pekan yang akan menimbulkan ketidakpuasan dari pemegang hak siar.