Calon Pengurus PSSI Sedang Menjalani Proses Pengadilan

Calon Pengurus PSSI Sedang Menjalani Proses Pengadilan

Calon Pengurus PSSI Sedang Menjalani Proses Pengadilan

Calon Pengurus PSSI Sedang Menjalani Proses Pengadilan

Tamantoto Togel – Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Syarif Bastaman mengakui adanya calon pengurus PSSI periode 2019-2023 yang sedang menjalani proses pengadilan. Namun, Syarif enggan menyebutkan nama-nama calon tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, KP telah mengumumkan nama-nama bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang lolos verifikasi. Dari 11 bakal calon ketua umum, delapan dinyatakan lolos, sementara sisanya tidak lolos tapi boleh banding.

Sementara untuk bakal calon wakil ketua umum PSSI, KP meloloskan 13 dari 21 nama. Enam digugurkan dan tidak boleh banding, sementara dua bakal calon wakil ketua umum diperbolehkan banding.

Sementara untuk anggota Exco, 70 dari 91 nama dinyatakan lolos verifikasi. Namun, hanya satu orang saja yang boleh banding.

Ketua Komite Pemilihan PSSI Syarif Bastaman (kedua kiri) dan anggotanya saat memberikan keterangan pers terkait bakal calon ketua, wakil ketua, dan anggota Exco PSSI periode 2019-2023.
Ketua Komite Pemilihan PSSI Syarif Bastaman (kedua kiri) dan anggotanya saat memberikan keterangan pers terkait bakal calon ketua, wakil ketua, dan anggota Exco PSSI periode 2019-2023.

Dari nama-nama yang lolos, KP mengakui ada yang sedang menjalani proses pengadilan. Namun, hingga saat ini yang bersangkutan masih berstatus saksi.

“Komdis (Komite Disiplin) memberikan catatan pengadilan, mereka juga berdasarkan konfirmasi pengadilan masing-masing domisili dan hasilnya sama. Komdis sendiri memberi catatan ke beberapa orang yang pernah dihukum baik itu di pertandingan maupun yang sedang menjalani kasus tetapi belum dalam proses hukuman,” kata Syarif Bastaman di Kantor PSSI, Gedung Fx Sudirman, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

“Saya tidak bisa buka siapa nama-nama itu. Posisinya mereka lolos (verifikasi) kerena kebanyakan posisinya saat ini saksi,” ia menambahkan.

Syarif menambahkan, dalam pemilihan nanti, calon yang sedang menjalani proses hukum akan diumumkan kepada voter atau pemilik suara.

“Keputusan saya dan Komdis sama. Kami akan buka itu kepada pemilik suara (voter) nantinya. Jadi kami akan sampaikan nanti status orang-orangnya yang lebih detail soal hukum,” ucapnya.

“Yang pasti beliau tidak terpidana tapi ada yang dalam proses pengadilan. Ada yang masalah di sepak bola dan di luar sepak bola,” pungkasnya.

Bakal calon yang tak lolos verifikasi namun bisa banding, dipersilahkan mengajukan banding pada 16-18 Oktober 2019, sebelum diumumkan kandidat tetap pada 19 Oktober. Setelah itu Komite Pemilihan akan memberi jadwal kepada bakal calon untuk masa kampanye.

Kongres Pemilihan itu sendiri akan dilakukan pada 2 November 2019 mendatang. Nantinya, akan terpilih satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk periode kepengurusan 2019-2023.