Boe/Mogensen Akan Berpisah Setelah All England Open 2019

Boe/Mogensen Akan Berpisah Setelah All England Open 2019

Boe/Mogensen Akan Berpisah Setelah All England Open 2019

Boe/Mogensen Akan Berpisah Setelah All England Open 2019

– All England Open 2019 akan menjadi turnamen perpisahan bagi ganda putra Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen. Mantan pasangan nomor satu dunia ini telah bekerja sama selama 15 tahun.

Hal tersebut dipastikan keduanya melalui akun media sosial Facebook pada Jumat (1/3/2019) yang dilansir BolaSport.com dari Badzine.

Dalam debutnya pada US Open 2004, Boe/Mogensen menjadi runner-up. Perjalanan mereka kian mulus karena dengan cepat masuk jajaran 50 besar dunia.

Sebelumnya, mereka berencana mengumumkan perpisahan tersebut pada BWF World Tour Finals. Sepanjang kariernya, Boe/Mogensen dua kali meraih salah satu gelar bergengsi ini.

Namun hal itu tak terealisasi dan mereka mengumumkan rencana perpisahan pada German Open yang sebenarnya merupakan titel pertama Boe/Mogensen sebagai pasangan. Kemenangan pada German Open 2004 adalah satu-satunya gelar bagi Boe (38)/Mogensen (35) hingga awal era turnamen superseries.

Turnamen superseries pertama yang Boe/Mogensen rebut yakni pada Korea Open 2009. Mereka selanjutnya menambah trofi juara turnamen superseries sebanyak 15 titel, termasuk dua gelar All England, tiga runner-up superseries.

Boe/Mogensen juga menambahkan 6 gelar Grand Prix, 3 Grand Prix, dan 2 gelar Juara Eropa, serta emas pada Olimpiade Eropa perdana 2015 di Baku dan keping medali perak Olimpiade London 2012.

Satu-satunya gelar mereka pada Tur Dunia BWF baru yang menggantikan superseries/grand prix tahun lalu ialah Swiss Open Super 300 2018.

Dua hari sebelum resmi mengumumkan perpisahan, nama mereka masuk dalam hasil undian turnamen Orleans Masters Super 100 yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) sebagai unggulan kedua. Nama Boe/Mogensen juga masuk dalam undian Swiss Open dengan status sebagai juara bertahan.

Pada All England 2019, 6-10 Maret, Boe/Mogensen akan melawan juara Korea Masters Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae pada babak pertama.

Berpisah bukan berarti Boe/Mogensen gantung raket. Usai All England, mereka akan berganti pasangan karena Mogensen akan menjadi tandem Mads Pieler Kolding pada Singapore Open 2019, sedangkan Boe bersama Mads Conrad Petersen.
Boe/Petersen masuk dalam daftar cadangan ke-15 pada Polish Open 2019. (Delia Mustikasari)

Penulis: Aloysius Gonsaga AE