Biar Nggak Mengganggu Diet, Begini 5 Tips Ngemil yang Bisa Dicoba

Biar Nggak Mengganggu Diet, Begini 5 Tips Ngemil yang Bisa Dicoba

Biar Nggak Mengganggu Diet, Begini 5 Tips Ngemil yang Bisa Dicoba

Biar Nggak Mengganggu Diet, Begini 5 Tips Ngemil yang Bisa Dicoba

Mengonsumsi cemilan kedengarannya sangat berlawanan dengan kata diet bukan? Selain dikenal dapat membuat beran badanmu bertambah, cemilan juga tak dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet. Namun, akan ada saat tertentu jika gula darahmu turun apalagi saat sedang dalam program diet, kamu pun menjadi mudah lapar dan ingin segera mencari cemilan. Tapi tenang, karena ada 5 cara lain untuk mengemil yang tetap bisa dilakukan walau sedang menurunkan berat badan.

1. Cobalah ngemil setiap 3 atau 4 jam sekali

Sebelumnya, sangat penting untuk memperhatikan jadwal ngemilmu dan kapan kamu bisa memulainya. Untuk itu kamu mulai menghitung jam berapa kamu makan, usahakan 3 atau 4 jam sekali untuk mengonsumsi sesuatu dengan porsi yang pas, jangan berlebihan. Mengemil dengan sering tapi sedikit akan jauh lebih baik daripada ngemil sehari sekali dengan porsi besar. Ini akan membantumu untuk menjaga gula darahmu lho!

2. Selalu perhatikan asupan nutrisi pada kandungan camilan yang dikonsumsi

Walaupun camilan hanya sekedar makanan selingan saja, namun ada baiknya jika tetap memperhatikan kandungan gizi yang terkandung pada makanan yang akan dikonsumsi. Setidaknya cemilan yang kamu makan, mengandung 5 gram protein, juga batasi kandungan gula hingga 5 gram. Ini penting karena walaupun kecil, cemilan juga berdampak besar untuk tubuhmu.

3. Kurangi camilan kemasan, ganti dengan camilan Sehat

Walaupun terlihat sangat menggoda, camilan kemasan memang menjadi makanan paling praktis untuk dikonsumsi saat mulutmu ingin mengunyah. Namun, hal paling mengkhawatirkan adalah jika kamu terlalu sering mengonsumsinya, kamu berarti juga mengonsumsi bahan-bahan kimia yang tak baik untuk tubuh. Boleh sesekali, namun usahakan camilan sehat seperti gandum dan buah yang menjadi pilihan yang sering kamu konsumsi.

4. Perhatikan kalori dari camilan yang kamu konsumsi

Selain nutrisi, memperhatikan kalori juga sangat penting lho. Pasalnya, kalori sangat memengaruhi kesehatanmu. Perlu diperhatikan bahwa kalori total camilan yang kamu konsumsi harus memiliki batasan hingga 500 kalori.

5. Jangan jadikan camilan sebagai prioritas

Walaupun tips-tips diatas sangat menarik untuk dicoba, ada baiknya untuk tetap tidak menjadikan camilan sebagai prioritas. Itulah gunanya untuk makan dengan teratur, jaga pola hidup sehat dan jaga pikiran agar tidak stres.