Berjasa Menghibur Kita, Ini 5 Kreator Terkenal yang Meninggal di 2018

Berjasa Menghibur Kita, Ini 5 Kreator Terkenal yang Meninggal di 2018

Berjasa Menghibur Kita, Ini 5 Kreator Terkenal yang Meninggal di 2018

Di tahun 2018 ini kita mendapatkan banyak kabar duka, khususnya dari dunia industri kreatif. Kepergian mereka membawa banyak kesedihan, tetapi karya mereka akan tetap kekal abadi di hati para penggemarnya. Untuk mengenang jasa dan karya mereka, berikut adalah lima kreator yang tutup usia di tahun 2018 ini beserta karya mereka yang sangat melekat di hati.

1. Stephen McDannell Hillenburg

Stephen McDannell Hillenburg adalah pria kelahiran 21 Agustus 1961 di Lawton, Oklahoma. Awalnya, pria yang akrab disapa Stephen Hillenburg ini adalah seorang guru biologi laut di Ocean Institute, Dana Point. Kemudian, Stephen bertemu dengan Joe Murray (seorang animator) dan ditawari pekerjaan untuk membantu proyek animasi Rocko’s Modern Life.

Setelah Rocko’s Modern Life mulai berhenti ditayangkan, Stephen mulai menggarap proyek baru sendiri yang membuat dirinya terkenal hingga sekarang yaitu Spongebob Squarepants. Melalui film Spongebob Squarepants inilah Stephen mendapatkan banyak penghargaan bergengsi seperti Emmy Award dan Annie Award.

Di awal tahun 2017, Stephen mengungkapkan pada media bahwa dia mengidap penyakit sklerosis lateral amiotrofik dan sedang menjalani pengobatan. Namun, Tuhan berkata lain karena Stephen akhirnya dipanggil yang maha kuasa setelah berjuang mengobati penyakitnya pada 26 November 2018 lalu.

2. Stanley Martin Lieber

Pria yang akrab disapa Stan Lee ini lahir di New York City pada 28 Desembar 1922. Stan Lee semasa kecilnya sangat terpengaruhi oleh film terutama film action. Hal ini menginspirasinya untuk menciptakan karakter komik bertemakan superhero dan Captain America adalah karakter fiksi pertamanya yang diciptakan pada tahun 1941.

Untuk lebih meningkatkan dunia superhero, Stan Lee mendirikan Marvel Comics dan di sanalah dia bekerja sama dengan banyak seniman lain seperti Jack Kirby dan Steve Ditko. Ada banyak karakter fiksi yang diciptakan oleh Stan Lee, di antaranya adalah Hulk, Spiderman, Doctor Strange, Iron Man, dan masih banyak lagi.

Stan Lee wafat di umur 95 tahun karena penyakit Pneumonia. Beliau meninggal di Pusat Kesehatan Cedars-Sinai, California pada 12 November 2018 lalu. Kepulangannya membuat sedih banyak orang mengingat berkat perjuangannyalah kita bisa menikmati film-film superhero yang sedemikian seru.

3. Miki Miura

Miki Miura adalah seorang mangaka yang terkenal melalui karyanya Chibi Maruko-chan dengan nama pena Sakura Momoko. Beliau lahir pada 8 Mei 1965 di Shimizu, Prefektur Shizuoka dan memulai karirnya sebagai seorang mangaka pada tahun 1984.

Karya yang paling terkenal oleh Sakura sensei adalah Chibi Maruko-chan yang memulai debut di tahun 1986 dan berakhir di tahun 1996. Film animasi Chibi Maruko-chan termasuk animasi dengan jumlah episode terbanyak karena sudah berjalan dari tahun 1990 hingga sekarang. Sakura sensei sendiri mengaku bahwa Chibi Maruko-chan banyak terinspirasi dari kehidupan masa kecilnya.

Sakura sensei wafat pada umur 53 tahun tepatnya 15 Agustus 2018 lalu. Beliau berpulang kepada Tuhan lantaran terkena penyakit kanker payudara. Semasa hidupnya, beliau menerima banyak penghargaan salah satunya adalah Kodansha Manga Awarduntuk karya Chibi Maruko-chan.

4. Isao Takahata

Isao Takahata adalah pria kelahiran 20 Oktober 1935 di Prefektur Mie, Jepang. Beliau semasa mudanya aktif sebagai seorang produser, penulis latas, animator, dan sutradara film yang terkenal bahkan di kancah internasional karena karya-karyanya yang luar biasa. Beliau adalah salah satu pendiri studio Ghibli yang terkenal bersama dengan rekannya Hayao Miyazaki.

Isao Takahata adalah lulusan sastra perancis di Tokyo University dan saat itulah dia menonton film animasi Le Roi et I’Oiseau (The King and Mocking Bird) yang membuatnya sangat menyukai animasi. Awalnya Isao bekerja di Toei Animation hingga akhirnya memutuskan keluar dan membuat Ghibli Studio. Isao menghasilkan banyak karya di bawah bendera Ghibli Studio antara lain Grave of the Fireflies, Pom Poko, dan yang terbaru adalah The Tale of Princess Kaguya.

Isao meninggal pada 5 April 2018 setelah sebelumnya didiagnosis mengalami kanker paru-paru. Untuk mengantar kepergian sosok yang berperan penting bagi Ghibli Studio, sebuah upacara diadakan di Ghibli Museum yang terletak di Tokyo.

5. Bernardo Bertolucci

Bernardo Bertolucci adalah seorang sutradara yang lahir di Parma, Italia pada 16 Maret 1941. Semasa hidupnya, beliau telah memproduksi banyak film dan yang terkenal di antaranya adalah Last Tango in Paris, The Conformist, 1900, Little Buddha, dan The Last Emperor.

Filmnya yang paling terkenal adalah The Last Emperor yang juga mengatarkan Bernardo kepada Academy Award untuk sutradara dan skenario adaptasi terbaik. Sebagai pernghargaan atas karya-karyanya yang luar biasa, Bernardo juga memperoleh Palme d’Or Award pada tahun 2011.

Bernardo juga terlibat dalam banyak aktivitas demokrasi seperti pada tahun 2009, beliau menjadi salah satu pelopor gerakan pembebesan Roman Polanski yang ditahan saat itu ditahan oleh pemerintahan Swiss karena suatu ketidakadilan. Minat Bernardo dalam politik juga terlihat dalam film buatannya yang seringkali mengandung unsur kritik terhadap pemerintah. Hal ini terus dilakukan beliau hingga akhirnya tutup usia pada 26 November 2018 karena terkena kanker paru-paru.