Alasan Kamu Harus Sering Liburan Saat Masih Muda

Alasan Kamu Harus Sering Liburan Saat Masih Muda

Alasan Kamu Harus Sering Liburan Saat Masih Muda

Alasan Kamu Harus Sering Liburan Saat Masih Muda

Klik di Situs ini – Liburan sering menjadi pilihan untuk melepas penat di sela kesibukan. Menjelajahi kawasan baru dengan budaya hingga bahasa berbeda diyakini bisa menyegarkan pikiran, bahkan cara tepat untuk mencari inspirasi baru. Setuju?

Akhir-akhir ini, tak sedikit pula yang menjadikan liburan sebagai hobi. Para traveler pun tak segan menyisihkan sebagian pendapatannya untuk sekedar ‘melarikan diri’ ke destinasi impian.

Liburan ke tempat baru tak hanya menyenangkan, liburan bisa menjadi obat mujarab untuk meredakan stres, gangguan kecemasan, hingga menurunkan risiko depresi.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari hobi liburan, apalagi bagi kamu generasi muda yang masih produktif dan suka tantangan. Ini dia alasan kenapa kamu harus sering jalan-jalan di masa masih muda:

1. Menambah wawasan

Liburan tak semata bersenang-senang dan menghamburkan uang. Saat singgah ke kota atau bahkan negara lain dan menikmati langsung suasananya, kamu akan mendapatkan pengalaman dan wawasan yang mungkin belum pernah dirasakan sebelumnya.

Kamu bisa belajar budaya baru, menikmati suasana baru dengan orang-orang yang punya kebiasaan atau bahkan bahasa yang berbeda, hingga mencicipi keunikan kulinernya. Atau ingin belajar ngobrol dengan orang baru dengan budaya dan bahasa yang berbeda? Bisa banget!

2. Belajar menerima perbedaan

Setiap daerah atau negara pasti punya suasana yang berbeda-beda. Nah, bertemu orang dengan budaya, ras, dan bahasa yang berbeda akan membuka pola pikir kita yang mungkin sudah terbiasa dengan lingkungan yang seragam.

Dampak baiknya, kita akan lebih bersyukur dengan apa yang telah kita miliki. Selain itu, kita juga akan lebih bijak dalam menerima segala perbedaan serta tidak anti terhadap perubahan yang sewaktu-waktu memang harus kita hadapi.

3. Lebih peduli lingkungan

Selain menawarkan keindahan, saat datang ke tempat baru, tak jarang kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang memprihatinkan. Entah menemukan tumpukan sampah saat mendaki gunung, melihat sampah plastik di tengah laut, atau melihat jejak vandalisme di situs-situs bersejarah.

Pengalaman menemukan tanda-tanda kerusakan alam saat liburan akan menyadarkan kita bahwa alam pun perlu dirawat dan dijaga dengan baik. Sebab bila tidak, mungkin generasi selanjutnya tidak akan bisa menikmati keindahan yang sekarang bisa kita nikmati.

4. Mengenal jati diri

Banyak orang bilang, kepribadian kita yang sesungguhnya akan muncul saat liburan. Sepertinya anggapan tersebut tidak sepenuhnya keliru, karena memang liburan bisa menjadi cara untuk menemukan jati diri kita yang sebenarnya.

Menjelajahi tempat yang baru juga bisa menjadi cara untuk introspeksi dan melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bijak. Terlebih saat melakukan solo liburan di usia 20-an, ‘me time’ selama liburan akan meredakan rasa gundah dan bingung saat mengalami fase quarter life crisis.