7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkan

By | August 16, 2019 4:50 am
7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkan

7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkan

7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkan

Pernahkah anda mengalami penyakit batu amandel? Batu amandel terbentuk saat sisa-sisa makanan, sel-sel mati, bakteri dan zat lainnya terperangkap di amandel. Kemudian, ini bakal mengeras dan terbentuk batu amandel. Biasanya, batu amandel bakal membengkak dengan ukuran yang bervariasi.

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanthefitglobal.com
Tahukah kamu fenomena batu amandel yang dapat kamu identifikasi? Coba cek apakah anda punya firasat berikut. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Bau mulut

Gejala kesatu yang dapat kamu identifikasi ialah timbulnya bau mulut. Ini sebab batu amandel meluangkan rumah untuk bakteri anaerob dan menghasilkan sulfida berbau busuk. Biasanya, bau mulut ini akan hadir bersamaan dengan iritasi tenggorokan, ungkap laman Cleveland Clinic.

2. Adanya desakan atau rasa sakit pada telinga
Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanfinehearingcare.com
Rasa sakit dampak batu amandel dapat menjalar kemana-mana. Batu amandel dapat menyebabkan desakan dan rasa sakit pada telinga. Ini sebab antara rongga mulut dan telinga saling berbagi jalur saraf. Rasa sakit pada telinga bakal semakin parah saat menelan atau membuka mulut, jelas laman Medical News Today.

3. Sakit tenggorokan

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanparenting.firstcry.com
Batu amandel juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Gejalanya ditandai dari rasa sakit, gatal atau iritasi pada tenggorokan. Rasa sakit ini bakal semakin parah ketika menelan makanan, jelas laman Mayo Clinic. Sulit untuk memisahkan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi atau batu amandel, jadi lebih baik periksakan diri ke dokter, ya!

5. Merasa kendala untuk menelan

Imbas dari sakit batu amandel menciptakan kita merasa kendala untuk menelan, baik makanan atau cairan. Gejala ini tergantung tempat dan ukuran batu amandel. Semakin besar ukuran batu amandel, anda akan semakin kendala untuk menelan. Gejala ini pun masih sehubungan dengan fenomena lain, laksana sakit tenggorokan, ungkap laman Web MD.

Nah, itulah 4 fenomena batu amandel yang dapat kamu identifikasi. Jika anda mengalami fenomena tersebut, tidak boleh ragu guna segera pergi ke dokter, ya!