7 Film Hollywood yang Menyelipkan Bahasa Indonesia di Dalamnya, Bangga Banget!

7 Film Hollywood yang Menyelipkan Bahasa Indonesia di Dalamnya, Bangga Banget!

7 Film Hollywood yang Menyelipkan Bahasa Indonesia di Dalamnya, Bangga Banget!

7 Film Hollywood yang Menyelipkan Bahasa Indonesia di Dalamnya, Bangga Banget!

Tamantoto Prediksi HKMemiliki banyak penggemar yang tersebar di seluruh negara, tentunya ada rasa bangga tersendiri ketika film Hollywood memasukkan unsur dari negara kita tercinta, ya, geng.

Bukan lagi sekadar harapan, ternyata ada lho beberapa film Hollywood yang menyelipkan unsur Indonesia di dalamnya.

Unsur yang dimasukkan pun bentuknya beragam, mulai dari dialog, benda, hingga setting ceritanya.

Mau tahu apa saja film-film Hollywood tersebut? Terutama yang menyelipkan bahasa Indonesia di dalamnya. Yuk, simak artikel Jaka selengkapnya berikut ini!

DAFTAR ISI

  • Film Hollywood yang Menyelipkan Dialog dan Unsur Indonesia
  • John Wick 3
  • Mile 22
    • Fast & Furious 6
    • Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid
    • Eat Pray Love
    • Alice in Wonderland
    • Minions

Meskipun ada beberapa film Hollywood yang menghina Indonesia, tapi banyak juga yang dengan bangga menyelipkan dialog dan unsur Indonesia di dalamnya lho.

Bahkan, beberapa di antaranya melibatkan artis Indonesia untuk ikut bermain di dalam film.

1. John Wick 3

Baru dirlis pada bulan Mei lalu, siapa sangka kalau ternyata film John Wick 3 yang sangat populer ini menyelipkan banyak unsur Indonesia di dalamnya lho.

Hal itu tentunya tak lepas dari keterlibatan dua aktor tanah air, Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman yang ikut bermain di film ini.

Bukan hanya menggaet aktor Indonesia untuk mengisi peran, film ini juga menyelipkan dialog bahasa Indonesia atas ide dari pemain utamanya, Keanu Reeves.

Selain itu, unsur Indonesia lainnya yang disajikan dalam film ini adalah penggunaan senjata tradisional kerambit yang juga pernah muncul dalam film The Raid Redemption.

2. Mile 22

Film lainnya yang juga menyelipkan unsur Indonesia di dalamnya adalah Mile 22 yang salah satu karakternya dibintangi oleh aktor tanah air, Iko Uwais.

Selain kemunculan Iko, film Mile 22 juga punya satu hal lain yang membuat penonton Indonesia senang dan bangga ketika menontonnya.

Hal itu adalah banyaknya dialog berbahasa Indonesia yang diselipkan dalam film ini, geng.

Menariknya, masuknya dialog bahasa Indonesia dalam film ini sering terjadi tanpa rencana alias spontan atas permintaan sang sutradara, Peter Berg, agar Iko lebih nyaman.

Karena hal itu juga Iko Uwais sering menjadi penerjemah dadakan di lokasi syuting.

3. Fast & Furious 6

Fast & Furious 6 menjadi film Hollywood berikutnya yang memasukkan bahasa Indonesia di dalamnya nih, geng.

Serupa dengan film-film sebelumnya, hal tersebut juga tak lepas dari peran aktor Indonesia yang terlibat di dalam film.

Aktor tersebut adalah Joe Taslim yang tampil sebagai villain dengan memerankan karakter Jah.

Nggak cuma menampilkan aktor Indonesia saja, film action berdurasi 130 menit ini juga turut menyisipkan bahasa Indonesia di dalamnya.

Hal itu atas permintaan dari sang sutradara yang ingin membebaskan Joe untuk menjadi diri sendiri. Hasilnya, dalam sebuah adegan Joe Taslim mengatakan kalimat “Hantam Mereka”.

4. Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid

Dirilis pada tahun 2004 lalu, film legendaris Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid rupanya tertarik untuk menyelipkan unsur Indonesia di dalam ceritanya.

Berbeda dengan film-film sebelumnya, unsur Indonesia di film ini berupa setting cerita yang mengambil lokasi di pulau Kalimantan.

Film ini sendiri menceritakan sekelompok ilmuwan yang harus ke Kalimantan untuk mengambil bunga suci Perrinia Immortalis yang dipercaya akan membuat manusia hidup lebih lama.

Selain setting lokasi, ada juga dialog bahasa Indonesia yang diucapkan oleh salah satu tokoh yang diceritakan sebagai warga lokal Borneo/Kalimantan.

5. Eat Pray Love

Eat Pray Love meruapakan salah satu film Hollywood berdasarkan kisah nyata yang menampilkan perjalanan Elizabeth Gilbert (Julia Roberts) dalam mencari ketenangan spiritual.

Menariknya, film yang kabarnya menghabiskan budget besar ini memilih Bali sebagai salah satu lokasi syutingnya, geng.

Bukan hanya itu saja, film ini juga memasukkan beberapa dialog bahasa Indonesia di dalamnya. Hal itu lantaran salah satu aktris senior Indonesia, Christine Hakim, turut mengambil peran di film tersebut.

Tampilnya pulau Bali dalam film ini pun diharapkan bisa menggairahkan kembali industri pariwisata Indonesia, khususnya Bali.

6. Alice in Wonderland

Disutradarai oleh sutradara terkenal, Tim Burton, film fantasi berjudul Alice in Wonderland rupanya turut memasukkan unsur Indonesia di dalamnya.

Bukan dalam bentuk dialog, setting cerita, atau sebagainya, film garapan Disney ini menyelipkan unsur Indonesia melalui penyebutan dua pulau di Indonesia.

Dalam sebuah adegan, Alice sempat menyebutkan Sumatera dan Borneo sambil menunjuk buku peta Indonesia.

7. Minions

Meluncur ke bioskop Indonesia pada Juni 2015 lalu, film animasi Minions berhasil menarik perhatian masyarakat tanah air.

Bukan hanya karena para karakternya di dalamnya yang terlihat lucu dan menggemaskan, tapi juga karena dialog bahasa Indonesia yang terdapat di dalamnya, geng.

Salah satunya yang paling terdengar jelas adalah saat karakter Bob mengucapkan kata “Terima kasih”.

Tak hanya itu saja, beberapa kata dalam bahasa Indonesia lainnya yang muncul di film itu adalah “Ukulele”, “Kemari”, dan “Paduka raja”.

Nah, itu tadi beberapa film Hollywood yang kedapatan menyelipkan dialog bahasa Indonesia dan unsur Indonesia laindi dalamnya.

Bahkan, beberapa di antaranya juga turut menggaet aktor tanah air. Ternyata banyak juga, ya, film Hollywood yang tertarik untuk memasukkan unsur Indonesia di dalamnya