7 Cara Menyesuaikan Diri dengan Tim Kerja Baru

7 Cara Menyesuaikan Diri dengan Tim Kerja Baru

7 Cara Menyesuaikan Diri dengan Tim Kerja Baru

7 Cara Menyesuaikan Diri dengan Tim Kerja Baru

Tamantoto Togel HK – Masuk ke dalam kesebelasan kerja baru menjadi momen yang lumayan mendebarkan. Entah sebab mendapatkan kegiatan baru, mutasi jabatan, atau rotasi tim, berada di kesebelasan kerja yang baru membutuhkan kemampuan beradaptasi yang baik. Memasuki lingkungan baru, berarti terdapat orang-orang dan kebiasaan kerja baru yang mesti dicocokkan dengan kelaziman yang sudah Anda jalani sebelumnya. Sebagai orang baru, kita lah yang dituntut menyesuaikan diri. Ketidakmampuan menyesuaikan diri tak melulu membuat Anda tidak cukup menyatu dengan orang-orang di kesebelasan baru, namun juga berdampak sulitnya mengekor ritme kerja yang baru. Bagaimana supaya proses penyesuaian diri berjalan fasih dan cepat, inilah 7 tipsnya:

1. Kesan kesatu yang amat penting

Ketika menginjak kantor dan kesebelasan kerja baru, mesti dikenang bahwa kesuksesan, reputasi, dan status Anda di sana bergantung pada kesan yang Anda bikin di lima menit kesatu pembicaraan dengan calon teman kerja kita di sana. Mereka bakal sangat menyimak detail soal penampilan, teknik bicara, sikap, pola pikir, dan gestur Anda. Ingat, kesan kesatu menilai nasib kita seterusnya. Pastikan Anda dapat mengontrol emosi, bersikap dengan santun, percaya diri, dan tulus. Di atas seluruh itu, jadilah diri sendiri, tidak boleh berlebihan atau ‘sok asik’.

2. Gunakan bahasa yang sama

Cara berkomunikasi memegang peranan urgen dalam mengencerkan suasana. Harus diingat, masing-masing orang mempunyai zona nyaman tersendiri. Ada yang tersingkap dan gampang akrab dengan orang baru, terdapat yang butuh pendekatan tertentu. Salah satu pendekatan yang sangat mudah, dengan bahasa. Gunakan bahasa yang sama guna berkomunikasi. Bisa dengan bahasa wilayah yang sama, gaya bercanda, dan tidak boleh ragu mengekor bahasa slang yang berlaku di sana. Cara ini mempermudah Anda cepat berbaur dan mengakrabkan diri.

3. Siapkan mental anak baru

Sebagai orang baru, Anda mesti siap mental menghadapi sejumlah ejekan dan desakan dari rekan-rekan kerja. Anda dapat dijadikan bahan celaan, atau mereka menguji kita dengan menyerahkan pekerjaan bertubi-tubi. Jangan pernah memandangnya terlampau serius. Pernahkah beranggapan mengapa anak baru sering menjadi bahan perundungan? Ini dapat terjadi sebab orang-ornag lama hendak menguji karakter dan mengenal bagaimana teknik Anda bersikap ketika menghadapi tekanan. Cara ini secara tidak langsung memancing kita untuk menerbitkan sifat asli, di sisi lain pun menunjukkan keunggulan dan kelemahan Anda dalam bekerja.

4. Ambil inisiatif

Bagaimana supaya Anda cepat dikenal tidak sedikit orang di kesebelasan yang baru, usahakanlah mengambil inisiatif dalam menggarap sesuatu. Bisa dalam pekerjaan, boleh pun dalam pekerjaan lain yang melibatkan teman kerja. Misalnya, berinisiatiflah merayakan ulang tahun salah seorang teman kerja, acara santap bersama, atau karaoke bersama selepas kerja. Lewat acara yang santai laksana itu, Anda dapat punya peluang lebih tidak sedikit untuk berbincang-bincang dalam keadaan santai dan bersahabat. Ini menjadi pintu masuk yang baik guna Anda mengakrabkan diri dengan rekan-rekan kerja baru Anda.

5. Temukan satu teman

Carilah satu orang yang paling tidak sedikit kesamaannya dengan kita dan jalinlah pertemanan yang baik dengannya. Jadikan ia rekan sekaligus mentor yang dapat membawa kita masuk lebih jauh dalam lingkungan sosial pun kerja di kesebelasan yang baru. Paling tidak ia dapat menjembatani hubungan kita dengan rekan-rekan kerja bahkan atasan Anda.

6. Mulutmu harimaumu

Dalam waktu penyesuaian diri ini, kita dituntut untuk paling berhati-hati. Sedikit kekeliruan saja bisa dominan buruk untuk citra kita di hadapan teman kerja yang baru. Bicaralah hal-hal yang butuh saja. Jangan terpancing suasana, gosip kantor, lagipula sampai terbawa emosi sampai mengeluarkan ucapan-ucapan yang menyebut perasaan orang lain.

7. Jadilah sumber energi positif

Orang-orang dengan energi positif dan selera humor yang baik bakal sangat digemari dan gampang diterima di lingkungan baru. Jika kita merasa tidak cukup mempunyai selera humor, minimal jadilah seseorang yang menyerahkan energi positif. Caranya? Mudah. Banyak tersenyum, ramah, tidak jarang kali bersemangat, dan tidak pernah mengeluh dan menjelekkan orang beda akan menciptakan Anda menjadi sumber energi positif untuk orang-orang di sekitar.