6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadai

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadai

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadai

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadai

Apa anda pernah mendengar bipolar disorder sebelumnya? Bipolar disorder adalah penyakit yang sehubungan dengan mental. Penyakit ini tidak jarang menimpa semua remaja bahkan orang dewasa, namun tidak memblokir kemungkinan bila anak-anak pun mengidap penyakit ini. Alasannya dapat jadi karena hal gen atau keturunan dan hal lingkungan lokasi tinggal.

Seseorang yang mengidap bipolar seringkali sering mengindikasikan tanda-tanda eksklusif yang menandakan bila dirinya ialah bipolar. Tanda-tanda laksana apa? Yuk, langsung disimak!

1. Mood berubah secara ekstrem

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu WaspadaiMood berubah-ubah tersebut sangatlah wajar. Tapi bila perubahannya ingin ekstrem, ini ialah pertanda bipolar. Misalnya, kini tertawa terbahak-bahak, 10-20 detik lantas menjadi terdiam dan menangis. Perubahan mood ini seringkali diikuti dengan perasaan depresi yang bisa dilangsungkan selama berhari-hari.

2. Kurang suka bergaul

Saat depresi, seorang bipolar ingin mengisolasi dirinya dari orang-orang di sekitar, tergolong keluarga. Bahkan pengidap bipolar suka menampik untuk melakukan kegiatan favoritnya karena kegiatan ini dirasakan sudah tidak unik lagi.

Jika tidak dipedulikan terus-menerus, maka tingkat depresi yang dirasakan bipolar pun bakal semakin parah. Maka dari itu, orang-orang terdekat harus lebih peduli terhadapnya.

3. Pikiran dan ucapan gak sinkron

Tempo bicara seorang bipolar sangatlah cepat. Saking cepatnya, orang-orang di dekat pun jadi sulit mengekor topik pembicaraan. Akan tetapi, apa yang dibacakan dan apa yang dipikirkan si bipolar tidak jarang kali gak sinkron. Hal ini tak lepas dari pengaruh keadaan hati yang gak menentu.

4. Agresif ketika marah

Masalah kecil sekalipun dapat membuat penderita bipolar marah, lho! Kalau telah marah, semua bipolar ingin agresif dan tidak memikirkan akibat dari amarahnya kala tersebut terhadap orang-orang yang terdapat di sekitarnya. Bisa disebutkan dirinya mendadak pulang menjadi sosok yang minim toleransi.

5. Bersikap gegabah

Sikap seorang bipolar dapat dikatakan gegabah. Penderita bipolar gak memikirkan akibat dari sikap, perbuatan, dan keputusan yang diambilnya. Terlebih lagi bila sudah stres berat. Beberapa bipolar bahkan mengupayakan untuk menyelesaikan hidupnya dengan teknik bunuh diri.

6. Tidur gak teratur

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu WaspadaiSaat sedang stres atau depresi, penderita bipolar akan merasakan gangguan tidur. Para bipolar menjadi paling sulit tertidur walau dalam suasana lelah sekalipun. Akibatnya, masa-masa tidurnya pun tidak jarang kali gak teratur.

Itulah firasat bipolar disorder yang perlu anda tahu. Kalau anda mengalami di antara tandanya, segera konsultasikan ke dokter sebelum penyakit ini meningkat parah.