6 Penyebab Kuku Berwarna Kuning

6 Penyebab Kuku Berwarna Kuning

6 Penyebab Kuku Berwarna Kuning

6 Penyebab Kuku Berwarna Kuning

Tamantoto Prediksi HK – Warna kekuningan pada kuku seringkali menciptakan merasa tidak nyaman, tidak sedikit orang memilih guna menutupinya dengan kuteks.

Tetapi andai warna kekuningan yang hadir bukan disebabkan dari pemakaian kuteks, itu dapat menjadi pertanda bahwa terdapat sesuatu yang salah dengan kesehatan tubuh.

“Perubahan warna pada kuku menandakan ada evolusi pada kesehatan kita dari masa-masa ke waktu. Warna kuning dapat disebabkan oleh kuteks, namun juga dapat disebabkan oleh infeksi atau suatu penyakit,” ucap Joshua Zeichner, direktur riset kosmetik dan klinis di Mount Sinat Hospital, New York.

Zeichner menambahkan, setiap evolusi pada kuku seperti evolusi warna, penebalan, atau kehancuran harus dievaluasi oleh dokter kulit. Semakin cepat Anda mengejar penyebab evolusi warna pada kuku, semakin cepat kita juga dapat mengobatinya.

Berikut ialah penyebab kuku menguning laksana dikutip Prevention.

1. Penggunaan kuteks berwarna gelap

Mengenakan pewarna kuku atau kuteks secara teratur, khususnya yang berwarna gelap bisa menodai kuku dan mengakibatkan perubahan warna.

“Pewarna dalam kuteks berinteraksi dengan kuku dan mengakibatkan perubahan warna kuning atau kerapuhan,” ucap berpengalaman kulit asal Philadelphia, Rina Allawh.

Pembersih kuteks yang berisi aseton pun dapat memperburuk warna kekuningan pada kuku.

“Untuk mencegah situasi ini, oleskan kuteks dasar berwarna jernih sebelum kita mengoleskan kuteks berwarna gelap,” ucap Allawh.

2. Infeksi jamur

Ketika jamur menyerang, seringkali terjadi penebalan pada kuku. Di samping dapat mengakibatkan penebalan, jamur juga dapat menimbulkan warna kuning pada kuku.

“Karena kuku tumbuh secara perlahan, obat butuh diresepkan sekitar 3-6 bulan guna mengobati infeksi jamur yang terjadi,” ucap Susan Massick, dokter kulit Ohio State University Wexner Medical Center, AS.

3. Kuku terlampau panjang

Ketika kuku terpisah dari dasarnya, situasi ini dinamakan sebagai onikolisis. “Sebuah ruang yang berkembang di bawah kuku, dapat mengakibatkan warna kuku menjadi kuning atau buram,” ucap Zeichner.

Untuk mengatasinya, urgen untuk mencukur bagian kuku yang telah memanjang. Karena kuku yang tidak menempel pada kulit jari memungkinkan mikroorganisme tumbuh.

4. Kekurangan vitamin

“Kekurangan vitamin dapat memprovokasi pertumbuhan kuku, dan dalam sejumlah kasus dapat menyebabkan evolusi warna kuning,” ucap Zeichner.

5. Merokok

Berdasarkan keterangan dari American Academy of Dermatology, kuku dan jari yang menguning ialah tanda bahwa Anda ialah perokok atau terbiasa merokok. Kondisi ini diakibatkan oleh penyampaian dari asap tembakau.

6. Masalah kesehatan lainnya

Seiring dengan menguningnya kuku, Anda pun mungkin merasakan masalah lain laksana gangguan pernapasan, sinusitis kronis, dan kaki bengkak.

Penyakit tiroid pun dapat mengakibatkan masalah kuku laksana menguning, menebal, dan hancurnya tepi kuku. Begitupun dengan diabetes.