5 Tips Menggunakan Penggorengan Antilengket, Lebih Awet dan Sehat

5 Tips Menggunakan Penggorengan Antilengket, Lebih Awet dan Sehat

5 Tips Menggunakan Penggorengan Antilengket, Lebih Awet dan Sehat

 

5 Tips Menggunakan Penggorengan Antilengket, Lebih Awet dan Sehat

Penggorengan antilengket begitu tidak sedikit ditemukan di pasaran. Pinggan jenis ini mudah dimurnikan dan mempercepat proses memasak. Jika anda memilikinya di rumah, perhatikan sejumlah hal ini agar penggorenganmu lebih tahan lama.

1. Gunakan melulu untuk api kecil sampai sedang
Secara umum, penggorengan antilengket rentan pada panas tinggi atau api besar. Lapisan antilengketnya dapat rusak andai terkena panas berlebih terus menerus. Panas tinggi pun dapat merangsang pelepasan zat kimia riskan dari lapisan antilengket, tergantung jenisnya.

2. Jangan pakai cooking spray
Cooking spray seringkali digunakan guna menghindari lengket pada penggorengan. Tapi jangan pakai ini pada penggorengan antilengket.

Sebab, cairan cooking spray yang tidak terbakar sekitar memasak bakal jadi lengket. Biasanya terjadi pada pinggiran penggorengan. Bagian lengket ini paling sulit dibersihkan. Lebih baik pakai minyak atau margarin.

3. Lapisi dengan minyak

Hal ini tidak jarang diabaikan. Penggorengan antilengket butuh dilapisi minyak masing-masing setelah dibersihkan atau sebelum digunakan memasak.

4. Hindari benda logam
Jangan pakai alat masak atau perangkat cuci berbahan logam, laksana spatula atau sabut logam. Lebih baik pakai alat-alat berbahan nilon, plastik, atau kayu guna menghindari goresan pada lapisan antilengket.

Jika tidak banyak saja lapisan antilengket mengelupas, lebih baik ganti dengan yang baru. Karena lapisan yang terkelupas riskan jika tercampur dengan masakan.

5. Jangan pakai dishwasher

Banyak brand penggorengan antilengket mengklaim produknya aman dibersihkan dengan mesin. Namun, air panas dan deterjen yang keras dapat merusak lapisan antilengketnya. Lebih baik cuci dengan tangan, pakai spons dan sabut khusus, serta lapisi dengan tidak banyak minyak sesudah dicuci.

Dengan sejumlah tips di atas, penggorenganmu jadi lebih tahan lama dan kualitasnya terjaga baik. Selamat mempraktikkannya!