5 Penyebab Gatal di Area Wajah yang Perlu Diketahui

5 Penyebab Gatal di Area Wajah yang Perlu Diketahui

5 Penyebab Gatal di Area Wajah yang Perlu Diketahui

5 Penyebab Gatal di Area Wajah yang Perlu Diketahui

Tamantoto Togel – Musim kemarau dengan tingkat kelembapan yang rendah diperbanyak dengan polusi yang menumpuk menciptakan kesehatan menjadi terganggu. Tidak melulu kesehatan dalam tubuh, organ terluar tubuh laksana kulit yang bersentuhan langsung dengan udara kerap menemukan efek dari cuaca kering ini. Sebut saja, rasa gatal yang dialami pada lokasi tangan, kaki ataupun wajah. Kalau telah menyentuh wajah, pasti ini menjadi masalah yang krusial guna ditangani. Sebelum membicarakan solusi guna menangani rasa gatal, usahakan ketahui penyebabnya dulu, yuk! Simak penjelasannya sebagai berikut ya.

Alergi Musiman

Seperti yang sudah disebut-sebut sedikit di atas, musim atau cuaca dapat saja menjadi penyebab gatal pada wajah. Di samping musim kemarau, cuaca yang dingin di malam hari juga dapat jadi penyebab kulit wajah menjadi gatal. Dikutip dari The Allergy Store, penderita alergi seringkali akan rentan terhadap jamur atau spora tanaman yang ditiup angin. Ketika alergen laksana jamur itu terhirup, histamin yang berperan sebagai senjata kekebalan tubuh bertambah dan memprovokasi pembuluh darah yang lantas menjadi bengkak. Pembengkakan berikut yang lantas menyebabkan kulit menjadi bermasalah laksana timbulnya rasa gatal. Meski begitu, fenomena yang sangat sering timbul dampak alergi musiman ialah rasa gatal pada hidung yang mengakibatkan bersin.

Kulit Kering

Mungkin sudah tidak sedikit yang tahu bahwa kulit kering juga dapat menyebabkan gatal. Secara alami, kulit bakal menghasilkan minyak yang dinamakan sebum. Nah, ketika kulit memproduksi sebum terlampau banyak, sebum bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat. Di beda sisi, andai produksi sebum tidak memenuhi keperluan kulit, maka kulit rentan dehidrasi dan menjadi kering. Kulit kering ini dapat merangsang rasa gatal yang seringkali tampak laksana kulit bersisik dan kemerahan.

Eksim

Lebih dari sebatas kulit kering, eksim mengakibatkan rasa gatal yang sulit diatasi. Eksim atau dermatitis atopik ini ditkamui dengan kulit merah, gatal, tebal, dan evolusi warna pada kulit. Biasanya eksim menyerang unsur wajah, siku, atau unsur belakang lutut yang tertutup. Faktor keturunan dinamakan sebagai penyebab utama eksim, dimana family dengan riwayat asma atau alergi seringkali sering merasakan penyakit kulit satu ini. Gejala eksim yang sangat umum terjadi ialah rasa gatal yang menjadi paling parah ketika malam hari, kulit bersisik dan melepuh. Eksim tak melulu menyerang orang dewasa, masalah kulit ini pun sering menyerang anak bayi.

Rosacea

Sama halnya dengan eksim, penyebab rosacea pun dikaitkan oleh hal genetik dan lingkungan. Beberapa hal seperti stres, penyampaian sinar matahari, kelembapan udara dan konsumsi makanan turut berkontribusi memperparah situasi rosacea. Gejala yang umum timbul dampak rosacea laksana kemerahan, penebalan kulit, pembuluh darah yang tampak jelas, benjolan laksana jerawat sampai masalah mata laksana bengkak. Gejala-gejala itu dapat hadir dan bertahan selama sejumlah minggu sampai hitungan bulan dan menghilang.

Alergi Makanan dan Obat-obatan

Alergi makanan dan obat-obatan dapat terjadi saat sistem kekebalan tubuh memandang protein dalam makanan adalahancaman untuk tubuh. Disaat tersebut pula, tubuh menerbitkan reaksi alergi yang dapat berbentuk rasa gatal, hidung tersumbat, sesak napas atau bahkan pembengkakan pada wajah. Bagi itu, anda perlu memahami terlebih dahulu label pada produk makanan dan obat-obatan yang berkeinginan dikonsumsi. Misalnya ‘pati’ pada label makanan yang adalahtepung jagung. Pada label obat, pati ditafsirkan sebagai kentang, jagung, tapioka atau tepung gandum. Meski begitu tidak seluruh akan tampak gamblang di label obat.

Penanganan guna gatal di wajah

Pilihan penyembuhan terhadap rasa gatal dapat disesuaikan dengan fenomena atau hal penyebabnya. Jika anda merasa gatal diakibatkan oleh alergi, usahakan minum obat alergi yang diresepkan oleh dokter. Sebaliknya, andai gatal diakibatkan oleh kulit kering, lotion atau pelembap mungkin dapat jadi penanganan kesatu. Lain lagi dengan fenomena eksim atau penyakit dermatitis lainnya yang butuh penanganan dan perawatan khusus.

Cara beda yang dapat dilakukan guna menghindari rasa gatal ialah menjaga kulit tetap lembap. Minum tidak sedikit air ketika udara tidak sebanding seperti dalam ruangan, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan meminimalisir mandi air panas yang bisa memperparah rasa gatal.