5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit

Klik di sini – Teh hijau telah lama dikenal sebagai di antara minuman tersehat. Karena minim proses, teh hijau tidak teroksidasi, sampai-sampai kandungan antioksidannya paling tinggi.

Teh hijau pun kaya bakal mineral, polifenol, dan flavonoid yang mempunyai sifat anti-inflamasi. Nah, sekian banyak kandungan nutrisi itu rupanya tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi pun kecantikan kulit, lho.

Konsumsi minuman ini secara rutin diandalkan dapat menambah kualitas dan mengawal kesehatan kulit. Nah, berikut sudah kumparan rangkum lima guna teh hijau untuk kulit, di antaranya:

1. Membantu melawan jerawat

Teh hijau kaya bakal polifenol, yang adalahsalah satu jenis antioksidan. Komponen itu berperan menangkal munculnya jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Di samping itu, teh hijau pun berisi sejumlah agen antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat laksana propionibacteriaacnes, propionibacteriagranulosum, serta Staph.

2. Menurunkan risiko terpapar kanker kulit

Paparan radiasi dari sinar UV dapat menciptakan kita berbahaya terkena melanoma, di antara jenis kanker kulit sangat berbahaya. Penyakit ini menyerang sel tubuh yang memproduksi melanin —pigmen warna kulit.

Sebuah riset pada tahun 2003 yang dilaksanakan oleh Departemen of Dermatology Universitas Alabama di Birmingham memutuskan bahwa, teh hijau bisa bermanfaat sebagai agen pencegah kehancuran kulit, khususnya yang diakibatkan karena penyampaian radiasi sinar UV berlebih. Di samping itu, kandungan polifenol di dalamnya pun terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengontrol kulit berminyak

Kadar minyak berlebih pada kulit dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat, dan merangsang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Tenang saja, kamu dapat meminimalisir kadar minyak pada kulit dengan mengonsumsi teh hijau.

Komponen epigallocatechingallate atau EGCG di dalamnya, dapat meminimalisir jumlah keluarnya minyak pada kulit. Dengan begitu, perkembangan jerawat pun bisa dicegah.

4. Mengurangi efek penuaan pada kulit

Mencegah firasat penuaan dini dengan goji berry. Foto: Shutterstock
Dilansir Healthline, mengonsumsi teh hijau dapat menolong kulit menanggulangi proses penuaan dengan lebih baik. Sebuah studi di tahun 2005 menunjukkan, wanita yang mengonsumsi teh hijau, dan mengaplikasikannya pada kulit merasakan peningkatan pada elastisitas kulitnya.

Di samping itu, studi pada tahun 2013 yang dipublikasikan dalam jurnal PubMed menunjukkan, kehancuran kulit dampak paparan sinar matahari bisa diminimalisir dengan pemakaian kosmetik berbahan dasar ekstrak teh hijau.

5. Mengempiskan kantung mata

Ilustrasi kantung mata hitam. Foto: Shutterstock
Kandungan kafein dalam teh hijau ternyata efektif guna mengempiskan kantung mata yang membandel, lho. Rendam kantung teh hijau dengan air selama sejumlah saat, kemudian peras untuk meminimalisir air yang masih tersisa.

Masukkan ke dalam kulkas sekitar 10 – 20 menit. Lalu, letakkan di atas kelopak mata selama tidak cukup lebih 30 menit.