5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Barat

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Barat

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Barat

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Barat

Kalimantan Barat ialah suatu distrik yang unik sebab jadi lokasi berkumpulnya sejumlah budaya besar di sana. Ada tiga kebiasaan yang jadi beberapa besar di provinsi besar ini, yaitu Dayak, Melayu, dan Tiongkok. Kamu dapat melihatnya dengan jelas terlukis dari kuliner tradisional Kalimantan Barat.

Ada tidak sedikit kuliner yang dapat menunjukkan indahnya asimimilasi di Kalimantan Barat. Namun, sebab Pontianak punya garis pantai yang panjang, menciptakan keragaman kuliner olahan laut di sana paling unik. Berikut sejumlah kuliner olahan laut yang populer dari Kalimantan Barat.

1. Chai Kwe

Chai Kwe (disebut pun Choipan) sebenarnya ialah makanan khas Tiongkok. Namun, kuliner ini paling terkenal di Pontianak. Chai Kwe ialah gabungan talas, bengkoang, daun bawang, dan udang kering (ebi). Bisa anda bayangkan, nikmatnya Chai Kwe yang disajikan ketika hangat. Sangat sesuai sebagai hidangan pendamping.

2. Ale-ale
Kuliner ini berasal dari Ketapang. Bahan utamanya ialah kerang endemik Ketapang yang bercangkang empuk dan licin, bentuknya kecil laksana remis, dan isinya berwarna putih bening.

Pengolahannya paling sederhana namun tetap enak yakni dengan teknik direbus dan ditambahkan garam. Kini, ale-ale dapat diolah menjadi bermacam-macam makanan laksana ale-ale tumis, ale-ale asam, kuah kental, sambal ale-ale, dan tidak sedikit lagi.

3. Sotong Pangkong

Sotong pangkog ialah olahan cumi kering. Biasanya, cumi dikeringkan seraya digarami. Oleh sebab itu, dengan cara tersebut menciptakan cumi paling keras. Untuk mengubah sotong pangkong, cumi bakal dilembutkan memakai palu khusus. Kuliner ini paling populer sekitar Ramadhan. Olahan cumi ini seringkali dimakan dengan sambal kacang atau sambal tomat sebagai hidangan pendamping.

4. Pengkang

Kuliner satu ini ialah makanan yang buat kenyang. Sekilas, pengkang sangat serupa dengan burasa dari Sulawesi Selatan. Ketan yang dibaur santan kelapa lalu dipenuhi udang kering atau teri, kemudian dibalut daun pisang. Dipanggang dengan memakai bilah bambu hingga benar-benar masak. Hasil akhirnya ialah makanan yang gurih dan lezat.

5. Mie kepiting Pontianak

Sekilas, mungkin anda sulit memisahkan mie kepiting Pontianak dengan mie kering Aceh. Namun, mie kepiting Pontianak penyajiannya tanpa kuah namun dengan tidak sedikit hidangan pendamping di dalamnya. Umumnya, hidangan pendamping ialah kepiting, bakso, udang, ikan, siomay, atau daging.

Kalimantan Barat, terutama wilayah pantai, ialah tempat yang asyik guna jelajah kuliner. Ada tidak sedikit kuliner olahan laut dari Kalimantan Barat yang dapat kamu nikmati sepanjang pantai provinsi ini.