5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkong

5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkong

5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkong

5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkong

Singkong adalahmakanan dengan sejuta rasa yang paling dekat dengan masyarakat Indonesia. Singkong pun mudah ditanam dan bisa menghasilkan buah yang melimpah. Singkong ini pun dapat dijadikan rekan nonton di malam hari.

Singkong familiar sebagai bahan dasar jajanan khas dari pulau Jawa. Cara mengolahnya pun paling beragam. Berikut ialah contohnya.

1. Getuk

Getuk adalahmakanan khas dari Jawa yang tercipta dari bahan dasar singkong. Getuk pun sangat gampang dijumpai di pasar-pasar tradisional. Bentuk getuk terdapat yang laksana mi besar atau tidak jarang disebut getuk lindri dan terdapat pula getuk bewarna gula merah yang dicukur biasa. Getuk pun sudah menjadi jajanan kesenangan siapa saja.

2. Nasi Tiwul

Nasi tiwul ini tercipta dari singkong yang dijemur dan dijadikan tepung. Tepung singkong yang enak dapat didapatkan dari proses pengeringan singkong yang sempurna. Nasi tiwul ini mempunyai sedikit rasa yang khas dikomparasikan dengan jenis nasi lainnya. Di samping orang Jawa seringkali masih sulit untuk merasakan makanan khas satu ini.

3. Jemblem
Jemblem ini tercipta dari singkong yang diparut. Kemudian, disusun bulat dengan isian gula merah di dalamnya dan digoreng. Jemblem sangat sesuai menjadi jajanan sarapan di pagi hari. Tidak tak sempat ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Jemblem masih tidak sedikit dijual di pasar-pasar tradisional.

4. Pais Singkong

Pais singkong pun menjadi jajanan khas dari Jawa. Pais seringkali terbuat dari tepung beras dan pisang. Tapi, pais singkong ini tercipta dari bahan singkong yang diparut dan lantas dikukus. Rasanya pun tidak kalah nikmat dari pais pisang.

5. Tapai Singkong

Tapai singkong adalahmakanan fermentasi dari singkong yang sudah dikukus terlebih dahulu. Tapai singkong ini pun dapat diubah kembali dengan digoreng memakai tepung atau lebih tidak jarang menjadi gabungan es campur yang segar. Tapai singkong sangat disukai karena rasa manisnya dari gula dan fermentasi dari ragi tapai.

Itulah 5 jajanan khas dari wilayah Jawa yang selalu buat nagih. Kamu sering santap jajanan yang mana nih?