5 Fakta Tentang ‘Cincau’, Jangan Cuma Rajin Disantap Saja!

5 Fakta Tentang ‘Cincau’, Jangan Cuma Rajin Disantap Saja!

5 Fakta Tentang ‘Cincau’, Jangan Cuma Rajin Disantap Saja!

Si kenyal yang satu ini tentunya sudah familiar di lidah masyarakat Indonesia. Cincau atau dikenal sebagai Grass-jelly dalam bahasa Inggris itu memang sering disajikan sebagai ekstra ke dalam ragam minuman. Kendati demikian, telah tahu kah kamu kenyataan menarik seputar Cincau? Jangan hanya rajin menyantapnya saja, ya.

1. Penamaan ‘cincau’ berasal kata xiancao (ไป™่‰) yang dituturkan oleh pelafal logat Hokkian

5 Fakta Tentang 'Cincau', Jangan Cuma Rajin Disantap Saja!

Ditilik dari segi etimologi, penamaan ‘cincau’ berasal dari logat Hokkian yang dituturkan oleh kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Tepatnya, kata xiancao (ไป™่‰), yang rupanya merujuk pada nama tumbuhan, yaitu Mesona spp. Tumbuhan berikut yang dijadikan bahan baku dalam penciptaan hidangan bertekstur kenyal ini.

2. Pengolahan Cincau dibuka dari meremas daun tumbuhan, kemudian direndam dalam air sampai kenyal

5 Fakta Tentang 'Cincau', Jangan Cuma Rajin Disantap Saja!
Daun tanaman tersebut kemudian diremas-remas (ataupun dihancurkan), kemudian direndam di dalam air sampai rendaman itu terbentuk menjadi gel (kenyal). Di samping itu, soda kue pun bisa ditambahkan sebagai bahan pengawet agar Cincau bisa lebih tahan lama guna dikonsumsi.

3. Variasi warna pada Cincau diprovokasi oleh jenis tanaman yang dipakai saat perendaman
Cincau mempunyai warna yang bervariasi, yaitu hijau dan hitam. Usut punya usut, urusan ini rupanya diprovokasi oleh jenis tanaman yang dipakai untuk mengubah cincau. Misalnya, M. procumbens, M. chinensis, M. palustris bakal menghasilkan cincau hitam, sementara Cylea barbata Myers bisa dipilih bila hendak membuat cincau hijau.

Tekstur dan daya tahan dari kedua jenis Cincau itu pun berbeda. Cincau hitam lebih keras dan kenyal, sementara cincau hijau lebih rentan hancur. Di samping itu, Cincau hitam pun lebih tahan lama daripada cincau hijau.

4. Cincau sering dijadikan ekstra pada ragam santapan bercitarasa manis
Setelah terbentuk gel yang kenyal dari hasil perendaman, Cincau itu lantas diubah ke dalam pelbagai sajian dengan teknik dipotong-potong berukuran kecil. Misalnya, gabungan untuk es campur, ditambahkan teh, santan, hingga ragam hidangan manis lainnya.

5. Di samping murah dan gampang diperoleh, Cincau disinyalir pun berkhasiat untuk kesehatan

5 Fakta Tentang 'Cincau', Jangan Cuma Rajin Disantap Saja!
Tak cuma meningkatkan kelezatan hidangan, Cincau pun disinyalir menawarkan sekian banyak manfaat kesehatan. Mulai dari menolong meredakan panas dalam sampai memperlancar pencernaan. Di samping itu, Cincau juga dibanderol dengan harga yang paling ramah di saku dan terbilang gampang dijumpai. Terutama ketika bulan Ramadhan, karena Cincau memang kerap diubah sebagai menu berbuka puasa.

Nah, telah lebih kenal dengan si kenyal ini kan? Yuk, makan lagi!