5 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik

5 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik

5 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik 

Siapa yang tidak mengenal Hawaii? Salah satu tujuan wisata terfavorit di semua dunia ini mempunyai sejuta daya tarik yang menakjubkan. Mulai dari wisata pantainya yang eksotis sampai wisata pegunungannya yang paling mempesona.

Negara unsur Amerika Serikat sangat selatan ini, menduduki sebagian besar kepulauan di Samudra Pasifik tengah lho, dan sebab itulah Hawaii dirasakan sebagai surga dunia di Samudra Pasifik.

Dibalik sejuta daya tarik yang dimilikinya, negara unsur yang pun mendapat sebutan “Negara Aloha” ini memiliki sejumlah fakta unik yang paling sayang guna dilewatkan.

Berikut pembahasan 9 kenyataan menarik Hawaii yang perlu anda ketahui.

1. Negara unsur terluas kedua di Amerika Serikat

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik Kepulauan di Samudra Pasifik yang beribukota di Honolulu ini mulai bergabung menjadi negara unsur Amerika Serikat pada tanggal 21 Agustus 1959 dan adalahnegara unsur termuda di Amerika Serikat (AS).

Dengan luasnya yang menjangkau 1.523 mil dari Pulau Ni’hau ke Big Island, Hawaii menduduki posisi kedua sebagai negara unsur terluas di Amerika Serikat (AS) sesudah Alaska yang menduduki posisi kesatu.

2. Terdiri dari 132 pulau dan adalahsatu-satunya negara unsur yang seluruhnya terdiri dari pulau

Hawaii adalahsatu-satunya negara unsur Amerika Serikat (AS) yang dikelilingi oleh lautan dan semua wilayahnya terdiri dari pulau. Surga dunia di Samudra Pasifik ini terdiri dari 132 pulau, yang diantaranya ialah 8 pulau utama, yakni Niihau, Oahu, Maui, Lanai, Kauai, Molokai, Kaho’olawai dan Big Island (Pulau Hawaii).

Pulau terbesar di Hawaii ialah Big Island atau yang pun biasa dinamakan dengan Pulau Hawaii. Diberi nama Big Island guna menghindari keadaan bingung dengan negara dan kepulauan. Luas Big Island ini dapat mencapai 4.038 mil persegi lho. Wah, luas sekali bukan?

3. Hawai masing-masing tahunnya tumbuh lebih dari 42 hektar lho!

Nah, ini dia salah satu kenyataan paling unik dari Hawaii, yaitu masing-masing tahun luasnya bertambah melebihi 42 hektar. Hal itu terjadi dampak dari kegiatan Gunung Berapi Kilauea yang meletus secara terus-menerus.

Gunung Berapi Kilauea di Pulau Besar terus menerus meletus semenjak tahun 1983 dan mulai berhenti semenjak lava aktif terakhir kalinya pada bulan September 2018 lalu.

4. Negara unsur kesatu yang tidak mengizinkan pemakaian kantong plastik

Pada tahun 2015 lalu, Hawaii menjadi negara unsur kesatu di Amerika Serikat yang tidak mengizinkan pemakaian kantong plastik di seluruh restoran cepat saji dan layanan lengkap, yang bertujuan untuk meminimalisir limbah yang dapat mengotori laut.

Meski mayoritas negara unsur di AS sudah tidak mengizinkan pemakaian wadah busa plastik, tetapi kecepatan Hawaii dalam menargetkan pelarangan pemakaian kantong plastik pada semua restoran cepat saji dan layanan menyeluruh menjadikannya sebagai negara unsur kesatu yang menolak memakai kantong plastik.

5. Hawai mempunyai zona masa-masa sendiri dan tidak mempunyai musim panas

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik 

Hal terunik beda yang dipunyai Hawaii yakni mempunyai zona masa-masa sendiri yang dikenal sebagai Waktu Standar Hawaii. Tentunya sangat bertolak belakang dengan negara-negara unsur lainnya yang zona waktunya relatif nyaris sama.

Di samping itu, Hawaii tidak mempunyai musim panas, dan masa-masa standarnya ialah UTC-10. Waktu di Hawaii berlangsung dua jam di belakang Waktu Standar Pasifik, serta 5 jam di belakang masa-masa standar timur.

Nah, itulah pembahasan 5 kenyataan menarik Hawaii, surga dunia di Samudra Pasifik. Tertarik berlibur di Hawaii guys?