5 Efek Sering Mengunyah Es Batu untuk Kesehatan

5 Efek Sering Mengunyah Es Batu untuk Kesehatan

5 Efek Sering Mengunyah Es Batu untuk Kesehatan

Banyak orang yang suka mengunyah es batu. Sensasi dinginnya menyerahkan kesegaran tersendiri di mulut. Apalagi sesudah mengonsumsi makanan pedas, es batu ini makin sesuai lagi guna dikonsumsi. Tapi sadar atau tidak, kelaziman mengunyah es batu dominan buruk untuk kesehatanmu. Gak percaya?

1. Dapat merusak gigi

Sensasi dingin yang diperoleh saat mengunyah es batu ternyata bisa merusak enamel gigi, yakni bagian terkuat gigi. Enamel gigi yang bobrok dapat mengakibatkan gigi rapuh, cepat berlubang, dan gampang merasa ngilu ketika memakan sesuatu.

2. Mengganggu pencernaan

5 Efek Sering Mengunyah Es Batu untuk Kesehatan

Seperti yang anda tahu, es batu yang dicampurkan ke dalam es teh atau jus yang anda beli di rumah santap belum terjamin kebersihannya. Bisa saja air yang digunakan ialah air mentah, bukan air yang telah dimasak. Akibatnya, anda jadi rentan terpapar diare atau sakit perut.

3. Pica

Pica adalahgangguan santap yang ingin mengarah ke kelaziman mengonsumsi makanan yang tak lazim guna dikonsumsi. Salah satu contohnya laksana es batu ini. Jika tidak segera dihentikan, maka dapat memprovokasi kondisi jasmani dan mental seseorang.

4. Memicu anemia

Jenis anemia yang diidap ialah Iron Deficiency Anemia atau anemia defisiensi besi. Ini adalahsuatu situasi di mana porsi zat besi dalam tubuh paling kecil yang dapat mengakibatkan menurunnya kadar sel darah merah. Bagi mengatasinya, seseorang perlu menggandakan asupan makanan yang berisi zat besi.

5. Tubuh tidak cukup bersemangat

Kandungan gizi yang ada dalam es batu tidak ada. Coba bayangkan bila es batu dijadikan makanan, bisa-bisa tubuhmu bakal lemas dan kurang energik sepanjang hari. Belum lagi diperbanyak kalau anda mengidap darah rendah. Efek yang dialami tubuhmu juga semakin parah.

Melihat efek mengunyah es batu di atas, apa anda masih inginkan meneruskan kelaziman ini?