5 Bahaya Membiarkan Karang Gigi Menumpuk, Jangan Disepelekan

5 Bahaya Membiarkan Karang Gigi Menumpuk, Jangan Disepelekan

5 Bahaya Membiarkan Karang Gigi Menumpuk, Jangan Disepelekan

5 Bahaya Membiarkan Karang Gigi Menumpuk, Jangan Disepelekan

Ada sekian banyak macam hal penyebab karang gigi dapat muncul, antara lain tidak cukup menjaga kesucian gigi dan mulut, menyikat gigi yang tidak cukup tepat, serta situasi air liur. Ya, PH air liur yang tinggi dapat mempercepat terbentuknya karang gigi. Inilah yang mengakibatkan kecepatan munculnya karang gigi masing-masing orang dapat berbeda-beda.

Gigi yang tidak rapi, atau berjejal, juga dapat menjadi hal pemicu munculnya karang gigi sebab terdapat wilayah yang susah untuk dicapai oleh sikat gigi. Mengunyah makanan melulu pada di antara sisi sebab kebiasaan atau ada gigi yang berlubang dapat pun menimbulkan timbunan karang gigi. Hal ini bisa terjadi sebab kurangnya stimulus air liur pada wilayah yang tidak dipakai untuk mengunyah.

Karang gigi yang melekat hanya dapat dibersihkan dengan pertolongan seorang dokter gigi. Tindakan ini biasa dinamakan scaling, dan melibatkan perangkat khusus guna memecah karang gigi sampai ke lokasi yang susah dijangkau, tergolong karang gigi yang terdapat di bawah gusi. Dengan pemakaian yang benar, perangkat ini lumayan aman untuk permukaan gigi dan akarnya.

Karang gigi yang tidak dipedulikan menumpuk akan memunculkan masalah kesehatan pada rongga mulut. Tidak melulu itu, kesehatan organ tubuh lainnya pun dapat dominan dengan adanya karang gigi. Berikut ini ialah masalah kesehatan yang dapat muncul bilamana membiarkan karang gigi menumpuk:

Tempat Bersarangnya Bakteri

Karang gigi mempunyai efek serius pada kesehatan mulut, terutama andai tumbuh di atas garis gusi. Pasalnya, ini adalahtempat yang tepat untuk bakteri guna bersarang, lantas menyelinap ke dalam gusi sampai-sampai membuatnya rusak, serta merasakan iritasi dan peradangan.

Aroma Mulut Menjadi Tidak Sedap

Salah satu penyebab terjadinya bau mulut ialah menumpuknya karang gigi. Hal ini dapat terjadi disebabkan adanya endapan dari sisa-sisa makanan yang tidak tersikat saat menggosok gigi sampai-sampai terjadilah pembusukan di dalam mulut.

Bahaya tidak mempedulikan karang gigi menumpuk lainnya ialah bisa merangsang peradangan pada gusi yang dinamakan dengan gingivitis. Pada peradangan yang semakin parah, dapat menyebabkan gusi menjadi gampang berdarah.

Peradangan pada gusi yang tidak segera ditangani ini bakal menjadi periodontitis. Pada situasi ini peradangan telah menjalar sampai ke tulang pengampu gigi dan dapat mengakibatkan gigi goyang.

Memicu Penyakit Jantung

Membersihkan karang gigi tidak saja untuk mengawal kesehatan gigi saja, tetapi juga dapat mengurangi risiko terpapar penyakit jantung. Ya, dengan mengawal kesehatan mulut ternyata juga dapat mengurangi perkembangan bakteri yang mengakibatkan peradangan.

Adanya bakteri dan mikroorganisme yang ada dalam plak gigi dapat masuk ke dalam aliran darah dan memunculkan reaksi peradangan. Kondisi berikut yang menyebabkan kehancuran dan penyumbatan pada pembuluh darah. Nah, bilamana aliran darah tersumbat, maka risiko terpapar penyakit jantung bakal meningkat.

Diabetes

Peradangan pada gusi pun lebih rentan terjadi pada penderita diabetes. Oleh sebab itu, penderita diabetes mesti rajin merawat kesucian gigi dan mulut supaya tidak memperburuk keadaan.