4 Spesies Paus Terunik dari Terbesar hingga yang Bertanduk!

4 Spesies Paus Terunik, dari Terbesar hingga yang Bertanduk!

 

4 Spesies Paus Terunik, dari Terbesar hingga yang Bertanduk!

6 Spesies Paus Terunik, dari Terbesar hingga yang Bertanduk!

Paus ialah salah satu fauna yang paling unik untuk dipelajari. Di samping ukuran yang spektakuler besar, mereka pun punya sebanyak keunikan. Ada selama 40 jenis paus dan sejumlah di antaranya memiliki keanehan yang bakal membuatmu kagum. Beberapa contohnya laksana empat spesies paus inilah ini.

1. Paus biru

6 Spesies Paus Terunik, dari Terbesar hingga yang Bertanduk!Hal yang sangat istimewa dari paus biru tentu ialah fakta bahwa mereka ialah hewan terbesar di dunia. Bukan melulu saat ini, mereka juga diandalkan sebagai fauna terbesar yang pernah hidup di bumi!

National Geographic menulis bahwa panjang paus biru dapat mencapai 32 meter, kira-kira seukuran pesawat Boeing 737. Sementara, beratnya dapat mencapai 200 ton. Karena ukuran tubuhnya yang luar biasa, tidak heran andai bagian-bagian tubuhnya pun paling besar. Berat lidahnya saja dapat mencapai 2,7 ton alias setara berat gajah dewasa.

Ukuran paru-paru dan jantungnya pun yang terbesar. Kapasitas paru-parunya menjangkau 5 ribu liter, sementara jantungnya bermutu sekitar 680 kg, alias seberat mobil kecil. Namun dengan ukuran sebesar itu, makanan mereka justru ialah krill, sejenis udang kecil yang melulu berukuran 1-2 cm. Unik banget, ‘kan?

2. Paus bungkuk

6 Spesies Paus Terunik, dari Terbesar hingga yang Bertanduk!Paus bungkuk tidak benar-benar bertubuh bungkuk. Mereka mendapat nama tersebut dari kebiasaannya melengkungkan badan ketika melompat terbit dari air. Ya, itulah salah satu keanehan dari paus bungkuk sebab sangat aktif “berakrobat” di permukaan air, tidak laksana jenis paus lain.

Di samping itu, paus bungkuk pun unik sebab memilik ukuran sirip yang paling besar. Dilansir dari laman Live Science, nama ilmiah mereka, yakni Megaptera novaeangliae berarti ‘si sayap besar dari New England’. Nama itu diserahkan karena ukuran siripnya itu. Seperti paus biru, paus bungkuk pun makan hewan-hewan kecil laksana krill dan plankton.

3. Paus sperma

6 Spesies Paus Terunik, dari Terbesar hingga yang Bertanduk!Paus sperma mendapat namanya karena dalil yang unik. Pada kepala mereka ada semacam cairan lengket berwarna putih, yang sempat dikira semua ilmuwan sebagai sperma. Cairan tersebut pun dinamakan sebagai spermaceti. Namun, belakangan diketahui bahwa cairan tersebut sama sekali bertolak belakang dengan sperma guna berkembang biak.

Hingga kini, ilmuwan masih belum yakin apa faedah cairan itu. Namun, diduga cairan tersebut membantu dalam menghasilkan suara yang lebih keras. Di samping soal namanya, paus sperma pun unik sebab mereka ialah hewan dengan benak terbesar di dunia, menjangkau 7,7 kg. Meskipun secara proporsi, tersebut hanyalah 0,02 persen dari massa tubuh mereka.

Tidak laksana paus biru dan paus bungkuk, paus sperma tidak makan fauna kecil. Mereka punya gigi guna memakan cumi-cumi, tergolong cumi-cumi raksasa. Itu sebabnya, paus sperma ialah predator bergigi terbesar di dunia. Satu urusan lagi, paus sperma ialah makhluk bersuara terkeras di dunia, dengan suara dapat mencapai 230 desibel

4. Paus narwhal

6 Spesies Paus Terunik, dari Terbesar hingga yang Bertanduk!Berdasarkan penampilan, dapat dibilang paus narwhal ialah jenis paus sangat unik di dunia. Apalagi bila bukan tanduk panjang yang ada di kepala mereka. Tanduk tersebut sendiri sebenarnya ialah gading alias unsur gigi mereka yang memanjang. Beberapa narwhal punya 2 gading, tetapi ada pun yang sama sekali tidak punya.

Fungsi dari gadingnya sendiri untuk menggali makan. Itu sebab gadingnya memiliki sampai 10 juta saraf. Narwhal hidup di perairan belahan bumi utara, tergolong kutub utara. Seperti tidak sedikit hewan beda di kutub, mereka pun dalam bahaya oleh sebab perubahan iklim.

Itulah empat spesies paus terunik di dunia. Mulai dari yang terbesar, bersuara sangat keras, paus putih, sampai paus bertanduk. Kalau menurut keterangan dari kamu, yang mana yang sangat unik?